New York (ANTARA News/AFP) - Pasar saham AS memperoleh kembali kerugian awalnya menjadi berakhir di wilayah positif pada Kamis, meskipun ada keraguan mengenai sentimen "bullish" baru-baru ini.

Dow Jones Industrial Average naik 9,37 poin (0,08 persen) menjadi 11.134,29 poin.

Indeks komposit Nasdaq meningkat 14,46 poin (0,58 persen) menjadi 2.519,07 dan pasar lebih luas indeks Standard & Poor`s 500 naik 2,74 poin (0,23 persen) menjadi 1.200,67.

Kekhawatiran tentang klaim pengangguran AS dan krisis utang Yunani, keduanya menekan pasar dalam awal perdagangan.

"Pasar ekuitas berhasil mendorong naik di akhir hari, setelah aksi jual pagi akibat meningkatnya kekhawatiran tentang Yunani," analis di Charles Schwab mengatakan kepada kliennya.

Departemen Tenaga Kerja, Kamis melaporkan, klaim baru untuk manfaat asuransi pengangguran jatuh pekan lalu setelah dua minggu meningkat.

Klaim awal pengangguran berjumlah 456.000 disesuaikan musiman, lembaga melaporkan.

Angka itu lima persen lebih rendah dari minggu sebelumnya, ketika klaim manfaat asuransi tiba-tiba naik ke angka revisi 480.000, terutama karena faktor yang terkait liburan Paskah.

"Tingkat klaim aktual masih cukup tinggi, dan meskipun tren dalam klaim bisa mendukung gagasan bahwa pasar tenaga kerja telah stabil, hal ini tidak mendukung gagasan bahwa telah terjadi kenaikan kuat dalam kegiatan perekrutan," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

Berita dari Eropa juga memukul saham.

Tingkat bunga yang diminta oleh pemberi pinjaman Yunani melonjak di atas 8,5 persen setelah data Uni Eropa menunjukkan defisit publik negara itu tahun lalu jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan.

Badan statistik Uni Eropa mengatakan defisit publik Yunani 2009 berdiri di 13,6 persen dari PDB, bukan 12,9 persen.

Tapi laporan laba yang positif membantu kemenangan hari ini.

Dow naik dipimpin oleh raksasa kedirgantaraan Boeing. Sahamnya naik hampir dua persen setelah melaporkan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan pada Rabu.

Saham American Express naik 1,7 persen pada berita bahwa laba kuartal pertama perusahaan lebih dari dua kali lipat.

McDonald saham juga meningkat, dengan hanya di bawah satu persen, setelah melaporkan pertumbuhan penjualan positif pada kuartal pertama.

Di sektor pertambangan dan bahan kimia, saham Alcoa dan DuPont berdua naik sekitar satu persen.

Harga obligasi bervariasi. Hasil obligasi Treasury AS 10-tahun naik menjadi 3,767 persen dari 3,736 persen pada Rabu dan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 4,635 persen dari 4,616 persen. Harga dan hasil obligasi bergerak dalam arah bertentangan. (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010