Batam (ANTARA News) - Tokoh India di Batam, Devarajan Prakash mengatakan, sebagian warga India yang pergi Singapura pascakonflik internal di PT Drydocks World Graha akan kembali ke Batam.

"Saya yakin warga negara India yang kini meninggalkan Batam akan kembali lagi, karena situasi keamanan sudah bisa dikendalikan," katanya usai pertemuan dengan Muspida Batam, Jumat.

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti berapa warga negara India yang sementara berada di Singapura, tetapi jumlahnya sekitar 40 persen dari jumlah seluruh warga negara India yang ada di Batam.

Menurut dia, mereka yang pergi itu karena takut dan terancam, tetapi akan berangsur hilang karena situasi tidak separah yang dibayangkan.

Meski merasa takut dan terancam, namun ia mengatakan tidak akan menyelenggarakan ritual khusus untuk membersihkan dan menghilangkan semua ketakutan. "Itu tidak perlu," kata dia.

Sementara itu, Wakapolda Kepri Kombes Bambang Budi Santoso memastikan tidak ada aksi penyisiran warga negara India di Batam.

"Isu itu tidak benar dan jangan dilebar-lebarkan karena situasi sudah mulai tenang," kata dia.(Y011/B013)

Pewarta: ricka
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010