Berlin (ANTARA News/AFP) - Dua warga Jerman yang diculik di Nigeria hampir sepekan telah dibebaskan, Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengumumkan pada Sabtu.

Dua pria itu yang berusia antara 45 dan 55 tahun diculik di negara bagian Abia di Delta Niger yang kaya minyak pada Minggu, setelah berenang di Sungai Imo.

Mereka telah dibebaskan dan dalam keadaan sehat, kata menteri itu dalam satu pernyataannya.

Hingga sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan tersebut.

Satu sumber keamanan Nigeria sebelumnya pekan ini mengatakan salah satu dari pria-pria tersebut bekerja di Port Harcourt, ibu kota minyak negara bagian Rivers, dekat Delta Niger. Yang lain berasal dari Lagos, ibu kota niaga Nigeria.

Menurut polisi, warga asing itu datang ke sungai tersebut untuk berenang ditemani tiga wanita muda Nigeria dan seorang sopir. Para penculik menahan kedua warga Jerman tersebut setelah berenang sementara para gadis dan sopir itu meloloskan diri.

Ratusan orang asing dan setempat, sebagian besar pekerja di perusahaan minyak, telah diculik sejak 2006 di Nigeria, sebagian besar di Delta Niger. Banyak di antara mereka kemudian dilepas tanpa luka-luka, tetapi dalam beberapa kasus dibebaskan setelah membayar tebusan.
(M016/P003)

Pewarta: priya
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010