Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Persija Jakarta naik satu tingkat ke urutan 10 klasemen sementara Djarum Indonesia Super League (ISL) setelah mengalahkan Persiba Balikpapan 3-0 di stadion utama Gelora Bung Karno pada Minggu sore.

Gol kemenangan Persija itu semua diciptakan di babak pertama. Tiga gol tersebut dicetak Emalue Serge pada menit keenam dan ke-40 serta satu gol lain oleh Aliyudin pada menit kedelapan.

Persiba mencoba memperkecil angka pada babak kedua. Namun, usaha putra Persiba itu, yang ditangani Hariadi, tidak membuahkan hasil.

Satu peluang emas oleh Fery hanya membentur gawang Macan Kemayoran pada menit ke-52. Kedudukan tidak berubah untuk kemenangan Persija, yang didukung sekitar 19 ribu Jakmania.

Dengan kemenangan itu, Persija mengumpulkan 40 angka dari 28 pertandingan, sementara Persiba bertahan di tempat ketiga dengan angka 50 dari 31 laga.

Sebelum pertandingan, sejumlah pendukung tergabung dalam pendukung Indonesia Jakmania berunjukrasa di depan kantor PSSI. Di luar kawasan Gelora Bung Karno itu, mereka menuntut kinerja PSSI dan menuntut mundur pemimpin PSSI.

Setelah berpidato, beberapa anggota The Jak Mania menyegel pagar kantor PSSI. Mereka juga membuat "kuburan" serta melakukan tabur bunga.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyita berbagai benda, yang bisa digunakan sebagai senjata, dari sejumlah pendukung Persija Jakarta.

Pusat pengelolaan lalu lintas Polda Metro Jaya menyebutkan benda tersebut antara lain senjata tajam bertali ikat pinggang, bambu, dan batu.

Benda itu disita dari sejumlah pendukung Persija di sejumlah tempat, terutama yang dilewati pendukung kesebelasan kesayangan mereka itu dalam laga melawan Persiba Balikpapan. (T009/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010