London (ANTARA News/AFP) - Salomon Kalou mencetak "hat-trick" saat Chelsea kembali bercokol di puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah menghancurkan Stoke 7-0 di Stamford Bridge, Minggu.

Kemenangan tersebut membuat tim asuhan Carlo Ancelotti itu menggeser juara bertahan Manchester United dan "the Londoners" unggul satu angka dengan masih menyisakan dua pertandingan setelah mereka mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan untuk ketiga kalinya musim ini.

Pemain internasional Pantai Gading Kalou membuka keunggulan bagi "the Blues" berkat umpan silang Didier Drogba di menit ke-24. Dan tujuh menit kemudian, ia menggandakan keunggulan Chelsea.

Pada akhir babak pertama, ia berusaha untuk mencetak gol ketiga bagi Chelsea melalui duel dengan penjaga gawang Stoke Thomas Sorensen dan Sorensen akhirnya keluar lapangan karena cedera bahu.

Kalou dijatuhkan mantan bek Chelsea Robert Huth yang memulai duelnya di luar kotak penalti, tetapi Chelsea mendapatkan hadiah tendangan penalti dan gelandang Inggris Frank Lampard menunaikan tugasnya secara baik.

Kalou mencetak gol ketiganya di menit ke-68 setelah penjaga gawang pengganti stoke, Asmir Begovic, tidak mampu menyelamatkan tendangannya.

Lampard menambah keunggulan Chelsea menjadi 5-0 dan gol berikutnya dicetak daniel Sturridge dan Floretn Malouda, sehingga Chelsea unggul delapan gol dari Manchester United dan perbedaan gol itu akan sangat menentukan dalam perebut gelar Inggris.

Kemenangan Chelsea itu lebih mengesankan karena mereka tanpa dperkuat kapten dan bek Inggris, John Terry.

Sebelumnya, James Milner menghidupkan kembali harapan Aston Villa untuk meraih tiket Liga Champions di musim mendatang, setelah menang 1-0 dalam pertandngan "derby" melawan Birmingham City.

Villa kini sama angkanya dengan Tottenham Hotspurs, yang kini menempati posisi keempat, yang merupakan tempat terakhir untuk lolos k laga Liga Champions. Hotspurs unggul karena perbedaan gol. (S005/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010