Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Finlandia Matti Vanhannen menawarkan kerja sama sistem nasional logistik kepada Indonesia untuk mendukung kegiatan perekonomian dan lainnya.

Demikian salah satu topik yang dibahas dalam kunjungan kehormatan PM Vanhannen kepada Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Selasa.

Juru bicara Wapres Yopie Hidayat usai pertemuan yang berlangsung 20 menit tersebut, mengatakan, PM Vanhannen menilai perkembangan ekonomi Indonesia dapat makin berkembang jika didukung sistem logistik nasional yang baik.

"Finlandia, meski berbentuk semenanjung namun terdiri atas beberapa pulau dan pelabuhan. Dan 90 persen distribusi perdagangan dilakukan melalui laut dan hanya 90 persen yang diangkut melalui darat dan udara," tutur Vanhannen, seperti dikutip Yopie.

Vanhannen menambahkan, Indonesia dengan karakterisktik negara kepulauan sangat memerlukan sistem logistik nasional yang baik.

Tentang sistem logistik nasional apa yang ditawarkan Finlandia, Vanhannen akan membantu sistem perkapalan, jalur perkapalan, dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Vanhannen juga menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) Indonesia yang telah berjalan baik.

Ia mengatakan, Finlandia telah pula melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik, termasuk para pelaku usaha sehingga pelaksanaan tata kelola yang dijalankan kedua negara dapat memberikan keuntungan bagi kedua negara.

Menanggapi tawaran PM Vanhannen itu, Wapres Boediono sangat mendukung sistem logistik nasional yang baik di Indonesia. "Indonesia memiliki banyak potensi, sedangkan Finlandia memiliki pengetahuan, teknologi dan modal, yang dapat dikerjasamakan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, kedua pihak sepakat untuk bekerja sama membangun sistem logistik nasional di Indonesia.

Selain sistem logistik nasional, Finlandia juga menawarkan kerja sama bidang energi yang terbarukan. Finlandia berharap dengan pembenahan dalam sistem logistik nasional dan penggunaan energi terbarukan, bagi perekonomian Indonesia akan makin berkembang.

PM Vanhannen juga menyampaikan undangan kunjungan balasan kepada Wapres Boediono ke Finlandia. "Banyak hal yang dapat dipelajari dari Finalndia dan diterapkan di Indonesia," kata Vanhannen.

(T.R018/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010