Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dan Finlandia menjalin kerjasama ekonomi terutama menyangkut pengembangan bio energi, manajemen kehutanan, dan investasi.

"Tentu kita akan fokus kepada masalah investasi, renewable energy, dan forestry," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Gedung Kantor Menko perekonomian Jakarta, Selasa.

Pemerintah Finlandia dan Indonesia pada Selasa ini melakukan pertemuan di Jakarta untuk membahas kerjasama ekonomi kedua negara.

Menurut Hatta, untuk pengembangan energi terbarukan dan masalah kehutanan sudah ada peraturan yang terbit pada tahun 2006 dan 2008.

"Itu sudah diteken Presiden, kita manfaatkan itu, terutama dia (Finlandia) akan menyediakan dana untuk management forestry di Riau dan Kalimantan," kata Hatta.

Sementara itu untuk pengembangan energi terbarukan, lanjut Hatta, Finlandia sangat aktif dalam pengembangan bio energi.

"Kita ingin mencari bentuk pengembangan kerjasama yang terbaik dalam pengembangan bio energi termasuk biofuel," katanya.

Mengenai nilai investasi yang akan ditanamkan Finlandia di Indonesia dalam kerjasama itu, Hatta mengatakan, belum ada nilai investasinya.

"Tapi intinya kita dorong investasi,pengembangan bioenergi, dan forestry manajemen. Panas bumi juga akan kita tawarkan," kata Hatta.

(T.A039/B012/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010