Caracas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Hugo Chavez akan segera bergabung dengan jajaran politikusdengan menggunakan blog di jejaring kenamaan Twitter, dengan nama @chavezcandanga, kata Menteri Pekerjaan Umum Diosdado Cabello, Selasa.

"Rekan-rekan: @chavezcandanga telah diaktifkan, kita akan segera menerima pesan dari komandan kita melalui cara itu," tulis Cabello di akun Twitternya sendiri, @dcabellor, sebagaimana dikutip dari AFP.

Tokoh sayap-kiri tersebut, pengecam keras Amerika Serikat, sudah memperoleh hampir 5.000 pengikut dalam beberapa jam saja setelah pengumuman Cabello, sekalipun ia belum lagi mengirim "update" pertamanya.

Pada Senin, Cabello mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah Venezuela akan membawa perjuangan ideologinya ke dunia jejaring sosial, dan semua pejabat partai memiliki alamat Twitter mereka sendiri.

"Oposisi berpendapat kelompok itu memiliki jejaring sosial. Mereka mengira Twitter dan Facebook adalah milik mereka saja. Kami akan membawa perang kepada mereka, dan kami adalah tujuh juta militan yang akan menggunakan Twitter," katanya.

Nama akun Chavez menggabungkan namanya dengan kata-kata "Candanga", yang dalam bahasa Venezuela digunakan untuk merujuk kepada seseorang yang nakal atau liar.

Ia mengatakan pada Maret ia akan memiliki kaplingnya sendiri di Internet untuk membawa "revolusi Bolivaria" ke Internet, tapi semua usul tersebut baru diwujudkan sekarang.

Pengeritik menuduh pemerintah yang berkuasa pimpinan Chavez memonopoli media di dalam negeri, dan menutup saluran media oposisi di televisi, radio dan bahkan media cetak.

Namun Internet adalah wilayah yang kebanyakan belum dijelajahi oleh pemerintah, di negara tempat hanya 30 persen dari 27 juta warganya memiliki akses ke dunia maya.
(C003/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010