Moskow (ANTARA News/AFP) - Ukraina akan membayar 236 dolar per 1.000 meter kubik gas yang dibeli dari Rusia, perusahaan raksasa gas Gazprom mengatakan Rabu, setelah Moskow sepakat untuk menurunkan harga sebagai imbalan atas perpanjangan sewa sebuah pangkalan angkatan laut di Kiev.

Harga akan menjadi "236 dolar (180 euro) dengan diskon. Tanpa itu, itu akan menjadi 336 dolar. Itu diskon yang baik," Valeri Golubev, kata wakil ketua dewan direksi Gazprom, seperti yang dikutip oleh kantor berita Rusia.

Rusia dan Ukraina mengumumkan suatu kesepakatan minggu lalu untuk memperpanjang sewa pangkalan angkatan laut Rusia di Crimea 25 tahun dengan imbalan Kiev menerima diskon besar pada impor gas.

Tapi kesepakatan itu memicu kekacauan di parlemen Ukraina, Selasa, karena para wakil berkelahi dan melempar bom asap dan telur selama sesi menggemparkan untuk meratifikasi kesepakatan.

Ukraina mendorong untuk membayar lebih sedikit untuk gas Rusia untuk membantu menjaga penurunan defisit anggaran sesuai dengan kondisi Dana Moneter Internasional untuk menerima penyaluran berikutnya dari suatu paket pinjaman penting.

Golubev mengatakan kedua negara tidak ingin kembali ke sistem pengiriman gas melalui perantara, seperti yang terjadi di masa lalu.

"Kami memiliki kontrak dan itu baik," katanya. (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010