Jakarta (ANTARA News) - Apple Inc akan menjadi tuan rumah konferensi tahunan pengembang perangkat teknologi tinggi mulai tanggal 7 Juni mendatang, dimana perusahaan itu diharapkan membeberkan versi terbaru iPhone.

Acara ini akan berjalan sampai 11 Juni di San Francisco, kata Apple, Rabu.

Peristiwa pada tahun tahun sebelumnya telah menampilkan pidato utama oleh Steve Jobs, Chief Executive Apple. Tahun lalu karena masalah kesehatan, Jobs digantikan oleh kepala pemasaran Phil Schiller.

Juru bicara Apple menolak mengatakan siapa yang akan memberikan keynote tahun ini.

iPhone generasi ketiga Apple diresmikan pada konferensi tahun lalu, dan mulai dijual kurang dari dua minggu kemudian.

Analis memperkirakan Apple akan memamerkan iPhone terbaru (generasi keempat) pada pertemuan tahun ini dengan meluncurkannya pada musim panas tahun ini pula.

Debut iPhone dimulai pada 2007 dan menjadi hit di pasar. Apple meraih rekor penjualan untuk smartphone dengan 8.750.000 unit pada kuartal terbaru.

Banyak yang berharap iPhone generasi keempat memiliki fitur baru seperti kamera menghadap ke depan.

AT & T adalah operator eksklusif jaringan iPhone di Amerika Serikat. Analis memperkirakan Apple akan menggandeng operator nomor satu, Verizon, pada 2011.

Konferensi Apple juga akan mencakup sesi pemaparan pengembangan iPad. Apple mulai menjual tablet layar sentuh 9,7 inci awal bulan ini dan melihat permintaan yang kuat dengan menjual awal 500.000 unit pada minggu pertama.

Saham perusahaan yang berbasis di Cupertino, California itu jatuh kurang dari 1 persen menjadi 259,37 dolar dalam perdagangan tengah hari ini di Nasdaq.

(Adm/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010