Timika (ANTARA News) - Aparat kepolisian di Timika, Papua, Kamis petang menahan dua warga kelompok atas (Jalan Mambruk II) Kwamki Lama, ET Murib (25) dan Yamison Alom (30), karena berusaha menyerang warga kelompok bawah (Tuni Kama) dengan panah.

Murib dan Alom selanjutnya digelandang ke Polsek Mimika Baru untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Pada Kamis petang dua kelompok warga yang bertikai di Kwamki Lama kembali bersitegang di sekitar Kios Panjang Kwamki Lama.

Bahkan sejumlah warga kelompok atas sempat berusaha menyerang warga kelompok bawah melalui hutan di sekitar pemukiman warga.

Namun usaha mereka segera dihalau aparat kepolisian gabungan dari Polres Mimika dan Brimob Detazemen B Polda Papua yang terus bersiaga di Kios Panjang Kwamki Lama dengan memberi tembakan peringatan ke udara.

Mendengar bunyi tembakan peringatan yang dilepaskan polisi, warga ke dua kubu langsung membubarkan diri.

Pertemuan


Sementara itu pertemuan wakil dari dua kubu yang bertikai di Kwamki Lama yang difasilitasi Polres Mimika, Kamis siang, gagal menghasilkan kata sepakat.

Pertemuan yang dipimpin Waka Polres Mimika, Kompol Erick Kadir Sully itu dihadiri Lurah Harapan Kwamki Lama, Yansen Magai, Kapolsek Mimika Baru AKP Lang Gia, Kabag Bina Mitra Kompol Naomi Giyay.

Hadir juga dalam pertemuan itu perwakilan kelompok atas yaitu Kariminus Kinal, Elemina Kinal dan Thomas Magai. Sedangkan perwakilan dari kelompok bawah yaitu Isak Murib, Yonas Murib, Jhon Murib, Beni Murib, dan Yan Jolemal.

Kariminus Kinal meminta izin waktu dari kepolisian untuk melakukan "perang" dengan kelompok bawah.

Sedangkan Isak Murib mengatakan kelompoknya menghendaki kasus pertikaian antarwarga Kwamki Lama segera diselesaikan dan tidak berkepanjangan.

Waka Polres Mimika, Erick Sully mengimbau kedua belah pihak yang bertikai agar segera berdamai.

Ia menegaskan, polisi tidak akan mengizinkan warga untuk bentrok lagi karena hanya akan mengakibatkan bertambahnya korban jiwa dan harta benda.

Pertemuan dua kelompok yang bertikai di Kwamki Lama ditunda hingga Sabtu (31/4) dengan menghadirkan lebih banyak perwakilan dari kedua belah pihak.

(T.E015/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010