Jakarta, 29/4 (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KemenKP) dan Kementerian BUMN (KemenBUMN) sepakat untuk bersama-sama menata korporasi BUMN sektor kelautan dan perikanan. Ini merupakan hasil pertemuan antara Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dengan Menteri Negara BUMN Mustafa Abubakar di Gedung Kementerian BUMN, Kamis, 29 April 2010.

     Dalam pertemuan tersebut Fadel mengusulkan pembentukan unit kerja dari tim gabungan KemenKP dan KemenBUMN yang bertugas merumuskan strategi untuk memajukan perusahaan BUMN sektor kelautan dan perikanan. Tiga unit usaha yang akan dikembangkan adalah PT Perikanan Nusantara, Perum Prasarana Perikanan Samudra (PPS), dan PT Garam. Usulan ini disambut baik oleh Kementerian BUMN dan akan segera ditindaklanjuti melalui pertemuan lanjutan komite kerja KemenKP dan KemenBUMN.

     Visi KemenKP untuk menjadikan Indonesia sebagai penghasil produk kelautan dan perikanan terbesar di dunia pada tahun 2015 membutuhkan dukungan lintas sektor. Berbagai kondisi prasyarat yang mendukung peningkatan produksi seperti pengembangan fasilitas praproduksi dan pascaproduksi dalam usaha perikanan tangkap diharapkan dapat dipercepat melalui kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010