Bandung (ANTARA News) - KA Malabar rute Bandung - Malang akan memulai operasinya Jumat (30/4) dan rencana pemberangkatan perdana akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan di Stasiun Bandung.

"KA Malabar akan dioperasikan besok, diberangkatkan dari Stasiun Bandung pukul 15.30 WIB," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Kamis.

KA Malabar yang berformasi dua kereta eksekutif, empat kereta bisnis, dua kereta ekonomi plus serta masing-masing satu kereta barang dan makan itu akan melayani penumpang Bandung - Malang yang selama ini harus transit dan melanjutkan dengan KA lainnya.

Dengan adanya KA Malabar, kata Bambang penumpang Bandung - Malang tidak perlu lagi ganti kereta karena bisa langsung menikmati perjalanan ke Malang dalam sekali perjalanan.

KA Malabar tersebut, kata Bambang merupakan KA unik karena terdiri dari formasi lengkap yakni kereta eksekutif, bisnis dan ekonomi dalam satu rangkaian. Hanya saja kereta ekonomi KA Malabar fasilitasnya lebih baik dari kereta ekonomi biasanya.

"KA Malabar merupakan KA pertama yang berformasi lengkap ada kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi sekaligus dalam satu rangkaian. Ini KA unik," kata Bambang.

Sementara itu harga tiket KA Malabar untuk kelas eksekutif Rp200 ribu, kereta bisnis Rp130 ribu dan kereta ekonomi Rp80 ribu.

KA Malabar namanya diambil dari salah satu nama gunung di Jawa Barat yakni Gunung Malabar yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Rangkaian KA Malabar itu merupakan `reposisi jalur` KA setelah operasional KA Parahyangan Bandung - Jakarta dihentikan sejak 27 April 2010.

Selanjutnya, kereta-kereta KA Parahyangan dialihkan untuk menjadi KA Malabar jurusan Bandung - Malang yang sepanjang perjalannya akan dilakukan empat kali pergantian masinis dan kondektur.

Kehadiran KA Malabar sekaligus melengkapi pelayanan KA jurusan ke timur yang mana saat ini telah dilayani KA Turangga, Argo Wilis dan KA Mutiara Selatan (Bandung - Surabaya), Lodaya Pagi dan Lodaya Malam (Bandung - Solo), KA Harina (Bandung - Semarang), KA Ekonomi Pasundan (Bandung - Surabaya), KA Kahuripan (Bandung - Madiun), KA Kutojaya (Bandung - Kutoarjo).

Selain membuka jalur Bandung - Malang, PTKA juga membuka jalur KA Kontainer dari Stasiun Cibungur ke Stasiun Pasoso Tanjung Priok.

S033/Y003

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010