Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menjamin siswa yang ikut ujian nasional (UN) ulangan masih mempunyai kesempatan mengikuti seleksi masuk universitas dan berpeluang untuk diterima di perguruan tinggi negeri.

"Peserta yang gagal pada UN tahap pertama sehingga harus mengulang pada 10-14 Mei nanti masih dapat berkuliah di perguruan tinggi negeri karena jadwal UN yang dimajukan dua minggu dapat mengakomodasi siswa yang lulus ujian ulangan untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri," kata Mendiknas Mohammad Nuh di Jakarta, Kamis, saat berkunjung ke SMAN 15 di kawasan Jakarta Utara dalam rangka memberikan dukungan bagi siswa yang akan mengulang UN.

Ia mengatakan pendaftaran yang masih bisa diikuti siswa, yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang masih akan membuka pendaftaran dalam waktu yang relatif cukup panjang.

Mendiknas menuturkan bahwa pelaksanaan SNMPTN 2010 pada hari Rabu (16 Juni 2010) untuk jenis ujian tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar, kemudian pada hari Kamis (17 Juni 2010) untuk jenis ujian tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS.

Sementara itu, kata M. Nuh, ujian dan tes keterampilan akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu (18 dan 19 Juni 2010).

Dijelaskan pula, pendaftarannya secara online melalui internet pada tanggal 2 Mei 2010 pukul 08.00 WIB sampai dengan 31 Mei 2010 pukul 16.00 WIB.

"Pendaftaran susulan secara online dibuka kembali pada tanggal 10-12 Juni 2010, khusus bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang mengikuti UN ulangan," kata Mendiknas menegaskan.

Dengan dimajukan waktu UN, kata dia, pendaftaran mandiri yang dilaksanakan perguruan tinggi negeri manapun juga masih dapat diakses oleh siswa peserta ujian ulangan. Bahkan, sebelum UN dilakukan pun siswa sudah bisa mendaftar.

"Perguruan tinggi negeri manapun sudah memahami kalau UN tahun ini ada dua tahap. Mereka juga tahu kalau hasil kelulusan baru dapat dipastikan usai ujian tahap kedua nanti. Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran berlebih," katanya menandaskan.

Menyinggung kemungkinan siswa yang gagal pada UN ulangan, M. Nuh menegaskan bahwa pendaftar ke perguruan tinggi negeri juga bisa mengikuti ujian paket C yang statusnya setara dengan ujian ulangan sehingga siswa bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang diminati.

Pengelola beberapa perguruan tinggi negeri, seperti universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah menyatakan kesediaannya untuk memberi peluang bagi siswa yang gagal UN pada tahap pertama untuk mengikuti seleksi masuk ke PTN tersebut. (Z003/K004)

Pewarta: ricka
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010