Madrid (ANTARA News/AFP) - Zona euro Yunani akan menyimpulkan kesepakatan paket penyelamatan penuh untuk utang negara dalam beberapa hari yang akan menenangkan pasar keuangan, Presiden Uni Eropa Spanyol mengatakan Jumat.

"Kami berada sungguh-sungguh di final, hanya ada beberapa hari lagi sampai finalisasi semua isi kesepakatan dan dukungan (untuk Yunani)," Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero mengatakan.

Dia mengatakan dalam konferensi pers tentang kesepakatan yang "akan menenangkan pasar," yang telah terguncang oleh penurunan peringkat kredit oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor`s minggu ini di Yunani, Portugal dan Spanyol.

Perdana Menteri Luksemburg Jean-Claude Juncker, Jumat pagi, menyebut pertemuan luar biasa pada Minggu dari grup euro, terdiri dari Yunani dan 15 mitra euro, ditambah Komisi Eropa dan Bank Sentral Eropa.

Tujuan dari pertemuan khusus di Brussels adalah untuk memberikan "lampu hijau" nilai pinjaman tiga tahun kepada Yunani, sekitar dua pertiga datang dari mitra euro dengan sisanya dari Dana Moneter Internasional.

Anggota parlemen Jerman mengatakan total paket akan meningkat menjadi 120 miliar euro (160 miliar dolar), meskipun Uni Eropa sejauh ini hanya membicarakan 30 miliar euro ditambah 15 miliar euro dari IMF untuk tahun pertama.

Yunani minggu ini memperingatkan dalam bahaya kegagalan (defaulting) pada utangnya jika pasar diizinkan untuk mempertahankan serangan mereka dalam jangka sampai tenggat waktu kritis 19 Mei.

Pada Selasa, Standard & Poor`s menurunkan peringkat utang Yunani ke status sampah.

Lembaga ini pada Rabu juga menampar Spanyol, yang memegang rotasi enam bulan presiden Uni Eropa, dengan menurunkan peringkat kreditnya di tengah kekhawatiran resesi bisa lebih melemahkan keuangan publik.

Zapatero, Jumat, menegaskan bahwa Spanyol tetap "solvent" (berkemampuan membayar utang) dan berjanji reformasi bertujuan memotong defisit publik akan "sangat dihormati."

Pada Januari, Zapatero mengumumkan rencana penghematan 50 miliar euro dimaksudkan untuk membawa defisit publik dalam batas zona euro 3,0 persen pada 2013, tetapi banyak pengamat berpendapat tindakan lebih akan dibutuhkan untuk mencapai tujuan ini.

Perekonomian Spanyol,terbesar kelima Eropa, yang mengalami kontraksi 0,1 persen pada kuartal keempat dari tiga bulan sebelumnya, sekalipun zona euro secara keseluruhan, Amerika Serikat dan Jepang muncul dari resesi.

Data resmi yang dirilis Jumat juga menunjukkan tingkat pengangguran di atas 20 persen pada kuartal pertama. (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010