Jakarta (ANTARA News) - Sabtu sekitar pukul 15.30 sore, ribuan buruh yang memperingati Mayday bergerak meninggalkan Istana, dan mereka mengakhiri aksinya di sekitar kawasan bundaran Indosat dengan menggelar aksi duduk sambil bernyanyi di sepanjang jalan sebelum membubarkan diri.

Mereka kemudian menaiki bus yang sudah dipersiapkan di depan pintu masuk monas Jalan Medan Merdeka Selatan.

Berdasarkan pantauan ANTARANews, Massa ABM (Aliansi Buruh menggugat adalah pihak yang pertama bergerak meninggalkan istana merdeka dan kemudian diikuti oleh massa KASBI (Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia).

Massa KASBI sempat membakar patung tikus raksasa di depan istana merdeka yang dijaga ketat dengan barikade kawat berduri sebelum beranjak menuju bundaran Indosat.

Terlihat aparat keamanan dari unsur kepolisian juga meninggalkan Istana Merdeka dan membuka kembali lalu lintas di kawasan Jalan Medan Merdeka Utara dan Medan Merdeka Barat yang ditutup selama aksi demonstrasi berlangsung.

Tampak juga petugas kebersihan dan para pemulung yang membersihkan jalan dari sisa atribut pendemo dan sampah-sampah botol air mineral yang berserakan.

Sementara itu Anggota Deptartemen Penelitian dan pengembangan KASBI pusat Sunarno mengatakan bahwa aksi demo Mayday kali ini ditujukan agar pemerintah lebih memperhatikan nasib buruh dengan merevisi Undang-Undang No 13 Tentang Ketenagakerjaan.

Mereka juga menuntut penghapusan sistem kerja kontrak (outsourcing), menolak politisasi upah, privatisasi BUMN, dan pemberangusan serikat buruh.

KASBI sendiri terdiri dari elemen - elemen buruh FSBN (Federasi Serikat Buruh Nusantara),FSBK (Federasi serikat buruh Karya utama,SPCI (Serikat pekerja Carrefour Indonesia,GSBM (Gabungan Serikat buruh mandiri),Progressip,SBAM (Serikat buruh Air minum,SBJR (Serikat buruh Jaya Redemik).

(Yud/S026)

Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010