Karawang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta PT Jamsostek untuk terus berkontribusi meningkatkan bantuan kepada para pekerja karena hal itu juga akan bermanfaat bagi pengembangan dunia usaha.

"Saya harap Jamsostek bisa terus membantu pekerja meningkatkan bantuannya guna meringankan beban mereka dan meningkatkan taraf hidupnya," kata Presiden saat meninjau kondisi pabrik PT Mesindo Putra Perkasa di Karawang, Jawa Barat, Sabtu.

Presiden mengatakan, sangat mendukung upaya Jamsostek yang meminta Menteri Tenaga Kerja menyetujui beberapa proyek kenaikan bantuan bagi tenaga kerja.

Direktur Utama (Dirut) PT Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan pihaknya terus berusaha memperbaiki keikutsertaan manfaat dana pelayanan jamsostek bagi pekerja di Indonesia.

Dia menjelaskan, saat ini imbal hasilnya telah ditingkatkan menjadi 10,6 persen per tahun, sementara untuk jaminan kematian dari Rp16,8 juta per orang menjadi Rp20,8 juta perorang.

Sedangkan jaminan kematian karena kecelakaan kerja akan ditingkatkan dari 42 bulan upah menjadi 48 bulan upah.

"Untuk perawatan kesehatan dan jaminan kesehatan yang masih banyak dikeluhkan kami masih akan berusaha untuk terus meningkatkannya," katanya.

Sebelum mengunjungi PT Mersindo yang memproduksi suku cadang kendaraan bermotor dan mobil, Presiden sebelumnya mengunjungi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang juga berada di Karawang.

Presiden juga makan siang bersama 340 karyawan pabrik tersebut.

Kunjungan presiden ke dua pabrik itu merupakan kegiatan presiden dalam memperingati perayaan hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei.

Presiden dalam kunjungan tersebut didampingi Ibu Ani Yudhoyono serta sejumlah menteri di antaranya Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.
(L.D012/A033/R009)

Pewarta: catur
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010