Los Angeles (ANTARA News/AFP) - Ratusan ribu orang diperkirakan akan berunjuk rasa di seantero Amerika Serikat pada Sabtu sebagai protes atas undang-undang imigrasi baru yang keras di Arizona yang mengundang kecaman kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Unjuk rasa direncanakan berlangsung di lebih 70 kota sementara organisasi-organisasi Hispanik menuntut penarikan undang-undang itu dan juga pembaruan imigrasi di tingkat federal.

Penyelenggara unjuk rasa yang juga Ketua Asosiasi Politik Meksiko Amerika Nativo Lopez mengatakan hukum Arizona itu "hanya mendorong para pekerja, imigran, anak muda, wanita, serikat pekerja dan simpatisan mereka untuk berunjuk rasa."

Aksi akan diadakan "tidak hanya mengutuk undang-undang di Arizona itu tetapi menuntut pembaruan imigrasi yang manusiawi dan adil oleh pemerintahan Demokrat pada 2010," tambah Lopez.

Para pengunjuk rasa diperkirakan akan bergabung di salah satu kawasan strategis Los Angeles. Polisi menyatakan jumlah mereka bisa mencapai lebih 100.000 orang. Sekitar satu juta orang turun ke jalan dalam aksi serupa di kota itu pada 2006.

(Uu.M016/R009)

Pewarta: catur
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010