Biak (ANTARA News) - Alokasi dana bidang pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Papua yang disediakan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah tahun 2010 sebesar Rp120 miliar terbesar dipergunakan untuk membayar gaji guru.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Biak Drs Hendri Jan Rumkabu di Biak, Senin, mengatakan, meski secara keseluruhan total dana sektor pendidikan tahun 2010 sangat besar tetapi rincian paling dominan dipergunakan meningkatkan kesejahteraan tenaga guru.

"Saya akui pada APBD Biak 2010 sektor pendidikan mendapat porsi anggaran tertinggi dibanding bidang lain, ya jumlahnya di atas 20 persen dari total APBD," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Hendri Jan Rumkabu.

Di antara kesejahteraan guru yang kini direalisasikan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional, lanjut Rumkabu, yakni pembayaran tunjangan tambahan penghasilan bagi guru non-sertifikasi mencapai Rp250.000/bulan yang diterima setiap guru sejak Januari-Desember 2009.

"Pemerintah juga memberikan tunjangan daerah terpencil bagi guru yang mengabdi di daerah terluar jauh dari kota," kata Rumkabu menanggapi program kesejahteraan tenaga guru.

Ia mengakui, selain membayar gaji guru pihak Dinas Pendidikan juga pada tahun 2010 mengalokasikan anggaran untuk membiayai pendidikan anak-anak berprestasi di Institut Surya Karawachi Tanggerang.

Dari program bimbingan belajar di Surya Institut, lanjut Rumkabu, pada tahun lalu telah berhasil meluluskan anak-anak Biak untuk melanjutkan pendidikan tinggi pada berbagai universitas terkenal di dalam negeri maupun luar negeri.

"Pemkab Biak akan tetap memprogramkan peningkatan mutu pendidikan berkualitas melalui program pembinaan Prof Surya Institut di Karawachi, ya siswa yang direkruet merupakan hasil seleksi secara ketat beberapa waktu lalu," ungkap Kadinas Pendidikan Rumkabu.

Pada tahun 2011, menurut Rumkabu, program pendidikan peningkatan mutu guru akan menjadi prioritas untuk dilaksanakan sebagai sarana mendidik sumber daya manusia Biak supaya menjadi lebih unggul.

"Secara bertahap program peningkatan mutu guru akan diperhatikan setiap tahun, ya jajaran dinas pendidikan minta dukungan DPRD maupun pemkab untuk mewujudkan peningkatan mutu para guru di daerah ini," katanya

Sementara itu, sebelumnya puncak peringatan hari pendidikan nasional 2010 diselenggarakan dinas pendidikan Biak dengan mengelar upacara bendera dipusatkan di lapangan Mandala Biak dipimpin Sekretaris Daerah Johanis Than MM. (M039/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010