New York (ANTARA News) - Seorang pria diidentifikasi sebagai warga Amerika Serikat keturunan Pakistan ditahan dalam kaitan upaya bom mobil di Times Square, New York, demikian laporan media Selasa.

Televisi MSNBC mengenali pria itu sebagai Shahzad Faisal, seorang Amerika keturunan Pakistan, dan mengatakan, dia kini ditahan di Long Island, New York, sebagaimana dikutip dari AFP.

CNN mengatakan, pria itu berusaha untuk naik pesawat untuk tujuan yang tidak diketahui di Bandara Internasional John F. Kennedy, dan bahwa para penyelidik sedang mengejar yang lain untuk diperiksa.

Surat kabar New York Times mengatakan, tersangka tinggal di negara bagian Connecticut, AS.

Pihak yang berwenang telah melancarkan pengejaran besar-besaran bersama satuan tugas (satgas) terorisme FBI dan kepolisian wilayah New York, dalam upaya menangkap calon pelaku pemboman itu.

MSNBC mengatakan, pria berumur 30 tahun telah mengaitkan bahan peledak pada kendaraan sport ditangkap Sabtu malam di kawasan sibuk New York.

New York mendapat pengawasan sejak serangan pesawat yang menghancurkan gedung World Trade Center, yang menewaskan hampir 3.000 orang pada 11 September 2001.

Sejauh ini, satu-satunya kelompok yang mengaku bertanggungjawab pada rencana pemboman di Times Square adalah Tehreek-e-Taliban.

Pada saat pihak yang berwenang menemukan SUV, kendaraan tersebut berisi tiga tangki propane, puluhan kembang api, dua tangki bensin dan pupuk.

Kendaraan tersebut diparkir di sudut atau West 45th Street dan Broadway, satu kawasan yang penuh dengan pejalan kaki.
(H-AK/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010