Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2010 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, menganugerahkan tanda penghargaan kepada empat pelajar berprestasi.

Pada puncak peringatan dimulai pukul 10.00 WIB itu penghargaan Satyalancana Wira Karya diberikan kepada empat siswa pemenang lomba internasional di bidang sains maupun olahraga.

Penerima penghargaan adalah pelajar Sekolah Dasar Islam Al Azhar, Jakarta, Agasha Kareef Ratam, peraih medali emas pada 3rd Wizards Mathematics International Competition (WIZMIC) di Lucknow, India, tanggal 27 Oktober-2 November 2009 dan peraih medali emas dan best exploration pada 6th International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) di Yogyakarta pada 8-14 November 2009.

Penghargaan juga diberikan kepada pelajar Madrasah Btidaiyah Negeri 1 Malang, Koyuki Atifa Rahmi, peraih medali emas pada 6th IMSO di Yogyakarta 8-14 November 2009, serta pelajar SD Marsudirini, Bekasi, Azarya Jodi Setyaki, peraih medali emas cabang catur kategori standar beregu putra dan kategori cepat beregu putra pada kejuaraan the 3rd ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) di Jakarta, 3-8 November 2009.

Sedangkan siswa berprestasi yang juga menerima Satyalancana Wira Karya adalah pelajar SMPN 78 Jakarta, Masruri Rahman, peraih medali emas 5th World School Chess Championship Greece, di Yunani, tahun 2009.

Pada puncak peringatan Hardiknas 2010 di Istana Negara yang dihadiri menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu itu, Presiden juga menyerahkan tanda kehormatan Satyalencana Pendidikan kepada Pembina/Kepala SDN Rarak, Kecamatan Brang Rea, Nusa Tenggara Barat, Mustafa Akhmad, Pembina/pengawas TK/SD UPTD Kecamatan Batudaa Pantai, Gorontalo, Suleman Kiny, dan guru SDN I Porehu, Sulawesi Utara, Ati.

Pada acara tersebut, Menteri Pendidikan Nasional M nuh juga memberikan penghargaan kepada sejolah perintis pendidikan karakter kepada 11 sekolah di seluruh Indonesia, di antaranya adalah TK Sekolah Alam Insan Mulia, Surabaya, SDN Percontohan Padang, SMP Negeri 1 Watansopeeng, Sulawesi Selatan, dan SMA Taruna Nusantara, Magelang.

Peringatan Hardiknas 2010 bertema "Pendidikan Karakter untuk Membangun Peradaban Bangsa" guna menampung perkembangan dan perubahan aspirasi masyarakat yang sangat dinamis.

Selain dihadiri para penerima penghargaan, peringatan Hardiknas 2010 juga dihadiri siswa dan kepala sekolah peraih nilai terbaik pada Ujian Nasional 2010.

Peringatan tersebut juga menampilkan musik dan penampilan dari anak-anak berkebutuhan khusus yang menjadi titik perhatian khusus Kementerian Pendidikan Nasional dalam menjalankan misi kesetaraan.

Ditampilkan juga pameran lima prototipe mobil yang dirancang hemat Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Intitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Usai memberikan sambutan, Presiden Yudhoyono akan meninjau empat prototipe mobil yang rencananya disiapkan mengikuti lomba penggunaan hemat BBM di Malaysia pada Juli 2010.
(D013*G003/A024)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010