Jumlah yang Mengesankan pada Pameran Impor dan Ekspor China

    
GUANGZHOU, China, 11 Mei (ANTARA/PRNewswire-Asia-AsiaNet) -- Mereka yang paling sukses dalam bisnis cenderung melihat kesulitan bukan sebagai sebuah hambatan, namun sebagai sebuah peluang. Dari tahun ke tahun, hampir seperempat juta penjual dan pembeli yang jeli dari seluruh dunia memiliki pandangan ke depan untuk melihat ke luar kondisi ekonomi dan perkiraan fiskal untuk mencari keuntungan nyata.

     Tahun ini, banyak orang mengunjungi Canton Fair, yang diselenggarakan oleh China Foreign Trade Centre, untuk melakukan hal itu.

    General Manager Taiwan Star Industrial Inc., Mr Lee, datang ke Guangdong untuk ketujuh kali. Desakannya dalam berbisnis pada pameran tersebut, bahkan dalam kondisi fiskal yang buruk, telah membuahkan hasil: sejak tahun lalu saja, perusahaannya telah mengalami peningkatan pesanan yang luar biasa sebesar 10%. Tidak sulit untuk mengetahui mengapa.

     Mulai dari mesin-mesin industri sampai bahan pelapis kimia, tekstil dan lain-lain, pagelaran ke-107 Canton Fair menampilkan lebih dari 150.000 jenis produk yang berbeda. Bagi siapa saja yang memiliki kecakapan berbisnis, aneka ragam produk benar-benar merupakan tambang emas; datanglah atau Anda akan rugi.

     Bahkan bagi mereka yang hanya sempat mengunjungi sebagian kecil dari ke-56.000 gerai pada pameran tersebut -- seperti Mr. Lee, yang sibuk -- peluang biasanya menghampiri.

     Dalam hal ekonomi internasional, kemuraman seringkali menjadi topik pembicaraan. Di Canton Fair, segalanya memberi harapan. Di sini, tak hanya produk China yang berkualitas terbaik, tapi juga produk luar negeri begitu diminati di pasar China. Tak mengherankan, semakin banyak orang mulai mengetahuinya.

     Jumlah pembeli dari luar negeri yang hadir terus meningkat tahun ini, kebanyakan dari semua pasar utama termasuk Asia, Negara-negara Amerika, Afrika dan Oseania.

     Namun menurut apa yang telah dilihat Ketua Kamar Dagang Malaysia-China, Datuk Yong Ah Pwi, kian banyak peserta dari pasar lebih kecil yang sedang berkembang menunjukkan bahwa ekonomi dunia telah menjalani "rebound" awal, sebagaimana halnya kepercayaan konsumen.

     Mulai tanggal 4 Mei, tercatat 203.996 pembeli dari 212 negara dan kawasan hadir. Sementara itu, penjualan ekspor sudah naik menjadi 34,3 miliar Dolar AS. Canton Fair memang menjadi tujuan pilihan bagi peserta aktif dalam pemulihan ekonomi global.

     SUMBER: China Foreign Trade Centre (CFTC)




Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010