Bogor (ANTARA News) - Kejaksaan Agung akan mengumumkan secepatnya nama pengganti Wakil Jaksa Agung Darmono dalam keanggotaan Satuan Tugas Pemberantas Mafia Hukum.

"Saya akan lakukan pergantian, ada dua nama yang diusulkan, tapi belum dituangkan dalam surat yang sudah saya kirimkan. Dua nama yang diusulkan dalam waktu satu minggu akan dipilih dan diumumkan secepatnya," kata Jaksa Agung Hendarman Supandji usai peresmian kantin kejujuran di SMAN 1 Bogor, Selasa.

Komisi III DPR-RI dalam rapat dengar pendapat dengan Kejaksaan Agung merekomendasikan penggantian Darmono dalam keanggotaan Satgas mafia hukum agar dapat bekerja optimal sebagai Wakil Jaksa Agung.

Pihak Kejagung sudah mengirimkan surat penggantian kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hendarman menegaskan, dengan pergantian tersebut pihak kejaksaan tetap akan ada di Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.

Menurut Hendarman, rekomendasi tersebut dilakukan mengingat program Kejaksaan dalam reformasi birokrasi perlu didukung dengan penilaian pihak luar bahwa Kejaksaan sudah berperan netral meski ada sejumlah pegawai atau pejabat Kejaksaan yang diperiksa Satgas.

Meski demikian, Hendarman mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung upaya penegakan hukum dan pembersihan birokrasi penegak hukum yang sekarang tengah disorot, salah satunya yang paling disoroti adalah mafia hukum.

(T.KR-LR/S022/S026)

Pewarta: luki
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010