London (ANTARA News) - Pemimpin partai Konservatif David Cameron mengambilalih jabatan perdana menteri Inggris, Selasa, dan mengatakan akan membentuk koalisi penuh dengan partai Demokrat Liberal yang lebih kecil.

Gordon Brown telah mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada Selasa dini hari dan mengakhiri 13 tahun pemerintah partai Buruh yang beraliran kiri-tengah.

Partai Konservatif yang beraliran kanan-tengah memperoleh bagian terbesar kursi dalam pemilihan parlemen pekan lalu, tapi tidak mencapai mayoritas. Partai Buruh berada di tempat kedua dan Demokrat Liberal jauh di tempat ketiga.

Saat memberikan pidato pertamanya sebagai perdana menteri, Cameron, 43, mengatakan ia ingin membentuk sesuatu yang akan disebut sebagai pemerintah koalisi pertama di Inggris sejak 1945.

"Saya yakin bahwa merupakan cara yang benar untuk memberi negara ini dengan pemerintah yang kuat, stabil, baik dan layak yang kita butuhkan sekali," kata Cameron. Isterinya, Samantha, yang sedang hamil berdiri di dekatnya.

Mata uang pound sterling Inggris menguat dibanding dolar dan euro ketika Cameron berbicara. Pasar tidak sabar melihat berakhirnya ketidaktentuan yang diakibatkan oleh pemilihan yang tak meyakinkan pada hari Kamis.

Konservatif dan Buruh telah berusaha untuk mendapatkan dukungan Demokrat Liberal (Lib Dem) untuk membentuk pemerintah yang akan datang dalam lima hari perundingan intensif, tapi menjadi jelas pada Selasa siang bahwa partai Buruh telah kalah dan Brown akan mengundurkan diri.

"Saya ingin perdana menteri yang akan datang itu juga ia yang akan membuat pilihan penting pada masa depan," Brown, 59, dengan nada emosional di depan tempat kediaman perdana menteri itu di 10 Downing Street, didampingi iserinya, Sarah.

Brown, isterinya, dan dua anak mereka berpose singkat untuk para wartawan setelah pidato perpisahannya, sebelum meninggalkan Downing Street. Brown kemudian pergi ke Istana Buckingham, tempat Ratu Elizabeth menerima pengunduran dirinya.

Tak lama setelah itu, Cameron yang berganti mengunjungi ratu, yang secara resmi telah memintanya untuk membentuk pemerintah atas namanya. Ia langsung pergi dari istana ke Downing Street untuk menyampaikan pidatonya.

Perincian mengenai apa yang Konservatif dan Lib Dem telah sepakati belum diumumkan secara terbuka. Kedua tim perundingan akan melapor kembali ke anggota parlemen dan rekan partai mereka larut malam ini.

Kedua partai itu akan mendukung perjanjian yang disepakati oleh tim perunding. Lib Dem berbalik ke Konservatif sebagai mitra koalisi potensial pertamanya, atas dasar bahwa mereka memperoleh bagian terbesar suara dan bagian terbesar kursi dalam pemilihan Kamis lalu.(S008/A038)

Pewarta: ferly
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010