Pagaralam (ANTARA News) - Puluhan ribu tanda tangan dibubuhkan warga Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan mantan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Susno Duadji yang saat ini ditahan di rutan Brimob Kelapa Dua.

"Aksi dukungan ini, berupa pengumpulan tanda tangan di atas kain putih yang disebarkan ke seluruh wilayah di 35 kelurahan Kota Pagaralam. Dua ribu meter kain putih disebarkan ke seluruh wilayah di Pagaralam untuk mendapatkan tanda tangan warga dan nantinya akan diserahkan kepada wakil rakyat di DPR RI," kata pimpinan Aliansi Masyarakat Pecinta Susno Duadji (AMPSD) Kota Pagaralam, Tomi Wisan, di Pagaralam, Rabu.

Dia menyatakan, aksi damai ini diikuti sekitar 100 tukang ojek di depan kantor Camat Pagaralam Selatan yang bergandengan mengumpulkan tanda tangan untuk mendukung perjuangan "pahlawan" pemberantasan korupsi Komjen Pol Susno Duadji.

Bukan hanya masyarakat yang tergabung dalam AMPSD, bahkan ribuan warga ikut berpartisipasi dalam pengumpulan tanda tangan itu.

"Tukang ojek ini merupakan rakyat kecil yang juga sangat bersimpati dengan keberanian Susno memperjuangkan kebenaran. Bentuk dukungan ini dilakukan terhadap orang yang difitnah. Kami mendukung Susno dan berharap kebenaran ditegakkan," ujar dia lagi.

Ia menambahkan, jika dibutuhkan siap kapan pun dan dimana pun demi mendukung Susno.

Pengumpulan tanda tangan ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan moral kepada Susno Duadji.

Selain itu, sebagai wujud bahwa masyarakat Pagaralam terus mengawal proses hukum yang berjalan, sehingga aparat penegak hukum tidak berani bermain-main dalam menangani kasus ini.

"Kami mendukung proses hukum yang bersih, namun jika nanti ada permainan kami tidak tinggal diam. Aksi pengumpulan tanda tangan ini dilanjutkan dengan penyebaran kain putih ke 35 kelurahan di lima kecamatan yang ada di Kota Pagaralam," ujar dia pula.

Kain putih tersebut diserahkan kepada Lurah setempat, dengan tujuan untuk mengumpulkan tanda tangan seluruh warga di kelurahan tersebut.

Tidak hanya itu, AMPSD juga menyebarkan kain putih tersebut ke sekolah, rumah sakit serta wilayah-wilayah strategis di Pagaralam.

Ketua Persatuan Ojek Seganti (POS), Junai, mengatakan pengumpulan tanda tangan ini merupakan wujud partisipasi terhadap perjuangan Susno Duadji.

Selain itu tanda tangan warga akan dikumpulkan untuk dibawa ke Jakarta.

"Nantinya tanda tangan di kain putih ini akan diserahkan ke DPR RI, dan jika tidak ada halangan akan kami pasang di bundaran Hotel Indonesia. Jika tidak ada halangan kami akan ke Jakarta Jumat (14/5) ini," kata dia lagi.

Kedatangan kami kesana untuk bertemu langsung dengan Susno, ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, kata dia, tidak ada pengumpulan dana seperti yang diinformasikan sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar tidak dimanfaatkan kesempatan oleh orang lain untuk mengambil keuntungan pribadi.
(L.U005*B014/M033/P003)

Pewarta: mansy
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2010