London (ANTARA News/Reuters) - Perdana Menteri David Cameron Rabu mengumumkan bahwa ia telah membentuk Dewan Keamanan Nasional untuk mengkoordinasikan tanggapan pemerintah barunya pada semua ancaman internasional dan nasional.

Pegawai negeri Peter Ricketts juga telah ditunjuk ke jabatan baru Penasehat Kemanan Nasional, dengan tanggungjawab untuk mengkoordinasikan agenda keamanan pemerintah, kata kantor Cameron dalam sebuah pernyataan.

"Dewan akan mengkoordinasikan tanggapan pada bahaya yang kita hadapi, mengintegrasikan pada tingkat tertinggi pekerjaan departemen luar negeri, pertahanan, dalam negeri, energi dan pembangunan internasional, dan semua kekuasaan pemerintah lainnya yang menyumbang pada keamanan nasional," kata pernyataan tersebut.

Badan baru itu, yang telah dijanjikan untuk dibentuk oleh partai Konservatif dalam manifesto pemilihannya, dipimpin sendiri oleh Cameron. Badan itu akan mencakup Wakil Perdana Menteri Nick Clegg dan para menteri untuk urusan pertahanan, dalam negeri dan luar negeri.

Menurut pernyataan tersebut, pertemuan pertama berlangsung Rabu malam untuk membicarakan masalah Afghanistan dan Pakistan serta meninjau kembali ancaman teroris pada Inggris sekarang ini.

Cameron sebelumnya juga menyatakan dewan itu akan bertanggungjawab untuk melakukan meninjauan kembali pertahanan dan keamanan strategis.

Sumber Konservatif mengindikasikan pemerintah koalisi baru Cameron akan memulai dari beberapa kebijakan keamanan pemerintah Buruh yang telah mengakhiri masa tugas.

Sumber itu mengatakan mereka akan membuang rencana untuk membuat kartu identitas, pencatatan identitas nasional dan generasi paspor biometrik yang akan datang yang mantan PM Gordon Brown katakan penting untuk melindungi keamanan Inggris. (S008/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010