Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) - Ribuan warga Kota Pagaralam, Sumatera Selatan menggelar malam seribu lilin dipusatkan di alun-alun kota, Kamis, sebagai bentuk dukungan kepada mantan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Susno Duadji yang berasal dari Pagaralam.

Kegiatan warga menyalakan ribuan lilin dimulai pukul 19.00 WIB, dengan melibatkan ratusan mahasiswa, pelajar dan warga Kota Pagaralam.

Kegiatan ini mendapat pengamanan ketat dari anggota gabungan Polres Pagaralam.

Warga nampak antusias dengan berdatangan sambil membawa lilin dan dilanjutkan dengan penandatanganan di atas kain putih ratusan meter yang disediakan panitia tepat di sekitar lilin terpasang.

Kemudian setelah lilin semua menyala, dilanjutkan dengan kegiatan zikir dan doa bersama melibatkan puluhan ribu warga dari berbagai pelosok Pagaralam termasuk dari Jarai, Pajar Bulan, Kabupaten Lahat.

Ketua Panita Pelaksana Kegaiatan, Handoko, mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan tehadap institusi kepolisian dalam proses penegakan hukum dan termasuk penahanan terhadap Susno Duadji di rutan Brimob Kelapa Dua tanpa bukti yang jelas.

"Kami melakukan berbagai kegiatan, seperti penandatanganan kain putih kemudian dilanjutkan dengan menyalakan seribu lilin sebagai bentuk dukungan moral terhadap Susno Duadji dalam upaya mengungkap berbagai kasus korupsi, seperti makelar kasus," katanya.

Dukungan diberikan untuk menggugah aparat penegak hukum agar tidak melakukan tindakan hanya dengan menggunakan kekuasaan," ujar dia.

Ia mengatakan, seharusnya Susno diberikan perlindungan dan mendapat penghargaan atas jasanya dalam mengungkap berbagai pelanggaran hukum berupa korupsi, sehingga negara dirugikan miliaran hingga triliunan rupiah.

Namun ironis, kenapa justru Susno dijadikan sebagai tersangka musuh polisi dan dilakukan penahanan.

"Siapapun yang berani menegakkan kebenaran dan memberantas korupsi harus didukung bukan hanya terhadap Susno Duadji ini saja. Korupsi harus dibasmi dari muka bumi Indonesia karena sudah mengakibatkan rakyat menjadi miskin dan menderita," kata dia lagi.

Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Abdul Soleh, mengatakan untuk pengamanan kegiatan pelaksanaan malam seribu lilin yang dilakukan masyarakat Pagaralam, Polres setempat mengerahkan sekitar 150 personel gabungan.

"Kami jamin kegiatan ini berjalan dengan tertib, aman dan lancar, karena warga yang datang hanya untuk mengikuti kegiatan menyalakan lilin dan zikir bersama," katanya.

Namun pihaknya tetap melakukan pengamanan untuk mendukung kelancaran lalu lintas di lokasi dan mengantisipasi berbagai kemungkinan termasuk aksi kriminalitas lainnya.

(L.U005*B014/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010