Padang (ANTARA News) - Warga Kota Padang merasakan getaran gempa bumi yang melanda Kabupaten Padangpariaman dengan kekuatan 4,7 Skala Richter (SR)

Gempa yang terjadi pada Minggu (16/5) sekitar pukul 22:13:00 WIB, dengan getaran selama lima detik sangat terasa oleh warga Kota Padang, walaupun berpusat di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

Beberapa warga Kota Padang mengaku panik dan berhamburan keluar rumah walaupun gempa yang dirasakan tidak begitu kuat.

"Saya sendiri langsung keluar rumah yang bertingkat, guna mengantisipasi dampak buruk dari guncangan tadi," kata Lusi salah satu warga Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi di 0.5 Lintang Selatan dan 99.36 Bujur Timut

Pusat gempa tersebut berada pada 85 kilometer (km) Barat Laut Pariaman, Sumatera Barat, dengan kedalaman 59 km.

Gempa bumi yang tidak berpotensi tsunami itu tepatnya terletak di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat. Juga dirasakan masyarakat Lubukbasung, Kabupaten Agam.

Sementara itu, sejumlah warga lainnya masih berjaga-jaga guna mengantisipasi adanya gempa susulan, terutama rumahnya yang bertingkat, masyarakat masih trauma dengan gempa yang terjadi pada 30 September 2009.

Hingga saat ini belum ada laporan bangunan yang rusak atau korban jiwa akibat gempa dengan kekuatan 4,7 SR tersebut. (ZON/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010