Jakarta (ANTARA News) - PT Pemeringkat Efek Indonesia, Tbk (Pefindo) memberikan rating idAA kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) serta obligasi IV-2007 dan V-2009 senilai total Rp3,61 triliun.

Peringkat tersebut mencerminkan posisi pasar perusahaan yang sangat kuat di industri makanan dalam kemasan, portofolio usaha yang terdiversifikasi dengan baik dan operasi usaha yang terintegrasi secara vertikal.

Analis Pefindo Vonny Widjaja dalam keterbukaan informasi Senin mengatakan, prospek (outlook) untuk peringkat ini positif yang mencerminkan kemungkinan adanya perbaikan marjin operasi yang kontinu dan leverage keuangan yang relatif baik.

Saat ini, bidang usaha INDF dibagi dalam empat usaha strategis yaitu produk konsumen bermerek (divisi mi instan, dairy, penyedap makanan, makanan ringan, serta nutrisi dan makanan khusus (43,39 persen), Bogasari (tepung terigu 28,33 persen), Agribisnis (divisi perkebunan, minyak goreng dan margarin serta komoditi 20,55 persen) serta distribusi (7,73 persen).

(B008/S026)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010