Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng optimistis akan terpilih menjadi ketua umum Partai Demokrat periode 2010-2015 pada kongres di Bandung, 21-23 Mei 2010.

"Dukungan dari daerah-daerah terus mengalir dan saya optimistis Insya Allah bisa berjalan baik dan terpilih," kata Andi menjawab pertanyaan pers di Istana Wapres Jakarta, Selasa.

Hal tersebut dikemukakan usai mengikuti rapat Komite Pendidikan yang dipimpin oleh Wapres Boediono dan dihadiri antara lain oleh Menkokesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, serta Wakil Mendiknas Fasli Jalal.

Menurut Andi, Kongres Partai Demokrat di Bandung mendatang merupakan kompetisi internal dari para kader Partai Demokrat dengan tujuan akhirnya adalah untuk persatuan dan kesatuan partai yang lebih baik.

Selain itu, kata Andi, para kader partai juga ingin bersama-sama ingin mengkonsolidasi dan menyatukan partai ke depan menjadi lebih baik.

"Insya Allah semuanya bisa berjalan dengan baik dan saya bisa menang dalam pemilihan keta umum," kata Andi.

Terkait keinginan dirinya untuk maju menjadi ketua umum, Andi mengatakan bahwa hal itu merupakan panggilan untuk bisa membesarkan partai dan saat ini adalah untuk regenerasi kepemimpinan politik dan Partai Demokrat berada dalam garis depan untuk regenerasi kepemimpinan politik di Indonesia.

"Sudah saatnya Partai Demokrat sebagai partai tengah, sebagai jangkar kemajemukan dan jangkat stabilitas sistem politik di Indonesia," katanya.

Andi juga mengatakan bahwa dalam kongres mendatang bisa melembagakan pemikiran besar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan bukan memutuskan pemikirannya.

Ditanya mengenai adanya pelemparan isu politik uang, Andi secara tegas menyangkal hal itu dan kubunya tidak melakukan cara seperti itu. "Tidak ada itu (politik uang) dan tidak melakukan cara seperti itu," tegasnya.

Terkait dengan dirinya yang masih menjabat sebagai Menpora, Andi mengatakan bahwa jika dirinya nanti terpilih sebagai ketua umum, maka tugasnya untuk memajukan olahraga nasional akan tetap menjadi prioritas sesuai tugasnya.
(A025/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010