Garut (ANTARA News) - Rektor Institut Teknologi Bandung Prof Dr Akhmaloka menyatakan, lembaga pendidikan yang kini sedang dipimpinnya itu akan terus mengembangkan kemandirian desa dalam pengadaan energi di seluruh Jawa Barat seperti di Garut.

"Kegiatan ini sebagai sumbangsih ITB bagi masyarakat tetangga terdekatnya di provinsi ini," kata Akhmaloka saat mendatangi pengembangan energi listrik tenaga surya oleh mahasisanya di Desa Mekarwangi Cihurip, Kota Garut, Rabu.

Menurutnya, hasil praktik kerja lapangan 10 mahasiswa ITB itu menjadi proyek percontohan.

Dia mengemukakan, pengembangan kreativitas dan inovasi praktis lainnya pun akan terus disumbangkan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu mahasiswa Elektro ITB Aditya Banuaji mengatakan, selain bisa menerangi 125 rumah penduduk yang tersebar di empat RT, hasil praktik kerja lapangan itu mampu menerangi sekolah, masjid, sarana pendidikan anak usia dini, dan peternakan.

Di kecamatan sama sebelumnya juga berhasil memproduksi energi listrik tenaga mikro hidro untuk sebagian besar dari 5.113 kepala keluarga yang tersebar di empat desa dengan luas wilayah 4.342 hektare.

Energi listrik tenaga mikrohidro itu dikenal dengan sebutan proyek Palapa I dan yang dikembangkan di Desa Mekarwangi disebut Palapa II.

KR-HT/s018

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010