Jakarta (ANTARA News) - Ekonom BNI Ryan Kiryanto menilai penunjukan Agus Martowardojo oleh Presiden menjadi menteri keuangan yang baru menggantikan Sri Mulyani Indrawati bisa diterima oleh pasar.

"Saya kira pasar dan investor juga bisa menerima," katanya ketika dihubungi ANTARA, Rabu.

Ia mengatakan, figur yang dipilih oleh Presiden untuk menempati posisi menteri keuangan dinilai sebagai figur yang handal, kompeten dan profesional. "Independen dan non partisan," katanya.

Menurut dia, Agus Martowardojo, nantinya harus bisa menjaga komunikasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan. Selain itu, menurut dia, reformasi birokarsi harus dilanjutkan oleh Agus.

Di sisi lain, menurut dia, Agsus juga harus mampu mendorong percepatan penyerapan anggaran untuk menggerakan sektor riil. "Dan koordinasi yang lebih haromonis dengan Bank Indonesai sebagai otoritas moneter," katanya.

Sementara itu, Presiden, Rabu, mengumumkan Agus Martowardojo menjadi menteri keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati. Tak hanya itu, Presiden juga mengumumkan Anny Ratnawaty sebagi wakil menteri keuangan.

Paket Menteri dan Wakil Menteri Keuangan tersebut dipandang oleh Presiden mampu mengemban tugas dengan baik. Keduanya akan akan dilantik Kamis (20/5).

Agus Martowardojo saat ini merupakan Direktur Utama Bank Mandiri, sementara Anny ratnawati saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kementrian Keuangan. (*)
(T.M041/B012/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010