Jakarta (ANTARA News) - Pembalap Indonesia Andra Asmasoebrata mengincar posisi 10 pada kejuaraan dunia Cik-2010 FIA World Cup SKF, KFI and KF2 di Jepang 22-23 Mei 2010.

Pada kejuaraan karting kelas dunia yang akan digelar di Sirkuit Suzuka Jepang nanti, satu-satunya pembalap wanita Indonesia itu akan turun di kelas tertinggi yaitu KF2 (Rotax Max).

"Target memang 10 besar. Tapi kita realistisnya saja. Yang jelas Andra harus masuk final," kata Manajer Andra, Alex Asmasoebrata di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pada kejuaraan yang diikuti oleh pembalap karting seluruh dunia itu, Andra akan memperkuat Tim Sean GP bersama dengan Sean Galael dan Ryan Monoarfa.

Persiapan menjelang tanding, kata dia, sudah dilakukan dengan baik meski jatah yang diberikan oleh panitia untuk ujicoba sirkuit kurang maksimal.

"Andra diberi kesempatan berlatih lebih sedikit dibanding dengan pembalap yang lain. Tapi itu tidak masalah. Kami yakin Andra mampu memberikan yang terbaik," kata manajer yang juga ayah dari Alexandra itu.

Ia menambahkan guna merealisasikan target selain harus bekerja keras pihaknya juga meminta dukungan semua pihak (sponsor) termasuk kepada pemerintah Indonesia.

Satu-satunya pembalap perempuan yang hingga kini masih eksis ini juga mendapat dukungan penuh dari tiga menteri yaitu Menkopolkam, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN.

"Pihak kemerinterian sangat mendukung upaya Andra untuk tampil dipentas internasional. Yang jelas bentuk dukungan dan sponsor telah didapat," katanya menjelaskan.

Sponsor yang akan mendukung Andra, kata dia, tidak hanya untuk kejuaraan dunia karting di Jepang, namun banyak event yang telah terjadwal di tahun 2010 dan yang akan diikuti tahun 2011 nanti.

Tahun depan, selain akan turun pada kejuaraan karting dalam dan luar negeri, Andra juga akan turun pada kejuaraan Formula 3 serta Formula Renault.(*)
(T.B016/I015/IR009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010