Bishkek (ANTARA News) - Pemerintah sementara Kirgistan memutuskan, pemimpinnya, Roza Otunbayeva, akan menjabat sebagai presiden hingga 31 Desember 2011, yang membatalkan rencana pemilihan presiden pada Oktober tahun ini.

"Roza Otunbayeva telah ditunjuk sebagai presiden Republik Kirgistan selama masa transisi hingga 31 Desember 2011. Putusan ini telah disetujui oleh sebagian besar anggota pemerintah sementara," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

"Pada Oktober, hanya pemilihan parlemen yang akan diadakan," jelas Ishenbai Kadyrbekov, anggota komisi yang ditugasi merancang konstitusi baru, dalam komentar kepada AFP.

Pemerintah sementara, yang memegang tampuk pemerintahan setelah jatuhnya presiden Kurmanbek Bakiyev dalam pemberontakan berdarah bulan lalu, sebelumnya mengatakan, mereka akan mengadakan pemilihan presiden pada Oktober 2010.

Untuk mulai berlaku, dekrit itu masih harus mendapatkan persetujuan dalam referendum nasional yang akan diadakan pada 27 Juni, ketika Kirsgistan juga akan memilih bagi rancangan konstitusi baru mereka.

S008/M014

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010