Bengkalis (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring akan menyanangkan Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, sebagai desa informasi terdepan.

Bupati Bengkalis, Syamsurizal, kepada ANTARA di Bengkalis Kamis mengatakan, Desa Tanjung Medang yang berada di pulau Rupat merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia.

Pencanangan desa informasi oleh Menkominfo pada 26 Mei mendatang menurutnya sangat tepat dan diharapkan dapat memicu serta mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah Kecamatan Rupat Utara.

"Mudah-mudahan setelah pencanangan itu, masyarakat yang tinggal disana akan memiliki perekonomian yang lebih baik," jelas Bupati.

Dilain kesempatan, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Hubkominfo) Kabupaten Bengkalis, Jhoni Syafrizal mengatakan kebanggaannnya atas pencanangan Desa Tanjung Medang sebagai desa informasi.

"Saya hanya bisa mengucapkan syukur atas pencanangan yang mudah-mudahan kedepannya dapat membuat Kabupaten Bengkalis lebih baik dan lebih dipandang," tuturnya.

Menurut dia, dengan pencanangan tersebut, warga Tanjung Medang akan memulai era baru, yaitu era informasi.

"Bukan hanya warga Tanjung Medang, tetapi seluruh masyarakat daerah ini akan meniti langkah mewujudkan masyarakat informasi, yaitu masyarakat yang kaya pengetahuan, rasional dan bertindak atas dasar informasi yang benar," katanya.

Asisten Administrasi Sekretariat Daerah HT Zainuddin mengatakan, mengharapkan tidak hanya Tanjung Medang yang menjadi desa informasi, tetapi juga desa-desa lainnya di daerah ini seperti Desa Titi Akar, Desa Tanjung Kapal, dan beberapa desa lainnya.

"Pak Menteri juga akan menyerahkan bantuan secara simbolik, diantaranya perangkat televisi dan parabola dari industri penyiaran berlangganan serta perangkat pemancar radio komunitas," kata Zainuddin.

(T.KR-FZR/E010/S026)

Pewarta: luki
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010