Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi untuk sementara ini akan menjalankan tugas-tugas Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan.

"Sesuai dengan anggaran dasar kami yang diangkat sebagai Wakil Direktur Utama yang diangkat dalam RUPS 17 Mei 2010 dapat menjadi sementara menjalankan tugas-tugas Direktur Utama Bank Mandiri, sesuai dengan rambu-rambu darik Bappepam," kata Riswinandi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dirinya akan mejalankan tugas-tugas Dirut Bank Mandiri sampai dengan diselenggarakannya RUPS kembali oleh para pemegang saham.

"Kita tentu akan mengikuti rambu-rambu, mengacu ketentuan Bappepam, sebagai perusahaan Tbk ada aturan mainnya, masih menunggu kementrian BUMN sebgaai pemegang saham terbesar," katanya.

Direktur Bank Mandiri Ogi Prastomiyono mengatakan sesuai dengan anggaran dasar Bank Mandiri, maka selmabata-lambatnya 60 hari sejak posisi itu lowong, harus segera menyelenggarakan RUPS Luar Biasa untuk menentukan jabatan direktur utama.

Sementara itu, siapapun pengganti Agus Martowardojo nantinya oleh pihak Bank Mandiri tidak begitu dirisaukan. Sebab menurut mereka, pastinya yang akan terpilih merupakan orang yang telah mengerti bisnis perbankan dan mengembangkannya.

Riswinandi mengatakan, pihaknya berpikir positif terhadap siapaun yang menggantikan Agus Martowardojo. Menurut dia, Mandiri telah memiliki sistem yang baik sehingga diyakini keberlanjutan dari budaya kerja yang telah dicanangkanpun tidak akan terganggu.

Ia menambahkan, saat ini Mandiri telah menuju pada tranformasi kedua yaitu memperkuat `banking transaction, memperkuat `retail payment deposit` dan memperkuat `financing`.

Menurut dia, Bank Mandiri telah menargetkan pada 2014 menjadi bank terbesar ke-5 di negara Asia Tenggara, dan pada 2020 menjadi terbesar ketiga.(M041/B012)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010