Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan baru dilantik Agus Martowardojo mengatakan akan terus menjalankan reformasi birokrasi di tubuh Menteri Keuangan, meneruskan warisan Sri Mulyani.

"Dalam kesempatan ini bahwa Kemenkeu menjalankan reformasi birokrasi harus terus dijalankan dengan sungguh keinginan kami membayangkan bahwa kita di kemenkeu kiranya bisa meneruskan etos kerja yang sudah ada," ujarnya usai serah terima jabatan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis malam.

Ia juga mengajak kementerian pimpinannya untuk membangun martabat korps sebagai pegawai negeri sipil (PNS), walau sampai saat ini proses remunerasi belum mencerminkan perbaikan proses kinerja.

"Remunerasi belum mencerminkan ideal, tapi kita memiliki kebanggan bekerja sebagai PNS serta membangun komitmen dan bekerjasama kita jalankan Kemenkeu dengan sebaik-baiknya dan kita bangga mendeliver menciptakan karya bagi pertumbuhan Indonesia dan mensejahterakan rakyat sesuai tujuan," ujarnya.

Ia juga meminta pemangku kepentingan membantu meningkatkan kinerja dengan meneruskan koordinasi yang telah terjalin dengan baik agar dapat terus menjalankan fungsi di tubuh Kementerian Keuangan, terutama masyarakat yang mewakili media dan LSM.

"Kita mengajak stakeholder agar perekonomian bergerak dengan baik dan membangun SDM serta sistem di internal Kemenkeu dan kita diberikan kesempatan menjalankan reformasi dan mencapai target menantang yang dicapai membiayai APBN.

Pira yang terakhir menjabat Direktur Utama Bank Mandiri juga mengatakan akan meningkatkan sumber daya manusia dengan pembenahan edukasi dan sektor riil serta meningkatkan pengawasan.

"Setelah kita melakukan upaya peningkatan SDM, edukasi, riil sektor kita juga harus menjalankan controling dan menyakinkan tidak ada moral hazard, confilct interest dan bentuk tidak terpuji lain," ujarnya.

Ia mengaku bangga sebagai kaum profesional yang diundang memimpin Kemenkeu dan menawarkan kerjasama dengan Kementerian lain serta lembaga legislatif.

"Kita bangga dari sektor swsta, diundang ke Kemeneku, kami ingin belajar dan menawarkan kerjasama dengan kemeneku dan departemen lain serta legislatif dengan kerjasama baik dan niat tulus disertai, rasa patriotisme kita bisa mewujudkan secara strategis bersama," ujarnya.

Dia menyatakan terimakasihnya kepada Sri Mulyani Indrawati yang telah memberikan landasan bagus dalam Kementerian Keuangan.

"Kami berterimakasih kepada Sri Mulyani atas landasan yang disusun di Kementerian Keuangan," ujarnya.(*)
S034/B012/AR09

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010