Jakarta (ANTARA News) - Terpilihnya Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati diyakini berdampak positif bagi sektor kelautan dan perikanan.

"Sektor kelautan saya yakin akan maju tampaknya, terlebih Menkeu yang baru ini berasal dari perbankan yang paham soal sektor riil," kata Sekjen Dewan Kelautan Indonesia (Dekin), Max Rompas, usai acara nonton bareng film The Ocean di Jakarta, Kamis malam (20/5).

Pengalaman Agus Martowardojo sebagai bankir yang memahami tentang kredit mikro, menurut Rompas, sangat menunjang bagi sektor riil termasuk kelautan dan perikanan.

"Kalau menteri yang dulu kan lebih mengarah pada makro ekonomi, kurang peduli dengan sektor riil," katanya.

Menurut dia, ada optimisme tersendiri dan harapan dengan dipilihnya Agus Martowardojo sebagai Menkeu.

Selain itu, ia menambahkan dengan dipasangkannya Agus Martowardojo dengan Anni Ratnawati yang lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) maka akan semakin memberikan peluang bagi sektor kelautan dan perikanan untuk lebih maju.

Agus Martowardojo yang menggantikan Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II dan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Anny Ratnawati yang menjadi Wakil Menteri Keuangan dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis sore.

Dengan dilantiknya Agus menjadi Menteri Keuangan maka Indonesia memiliki Menkeu yang berasal dari bankir untuk kedua kalinya. Sedangkan dilantiknya Anny Ratnawati menjadikan Indonesia memiliki wakil menteri untuk pertama kalinya. (V002/K004)

Pewarta: mansy
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010