Jakarta (ANTARA News) - Ekonom BNI Ryan Kiryanto mengatakan bahwa pengunduruan diri Anggito Abimanyu dari posisi Kepala Badan Kebijakan Fiskal akan berdampak netral atau tidak akan mempengaruhi perekonomian Indonesia.

"Saya kira mundurnya Anggito tidak berpengaruh terhadap kondisi makro ekonomi dan moneter karena pos menkeu dan wamenkeu telah terisi," katanya di Jakarta, Jumat.

Selain itu, menurut dia, pos Anggito nantinya juga tetap akan diisi oleh pejabat sementara pasca serah terima jabatan.

"Dan secara sistem, proses pengambilan keputusan tidak terganggu," katanya.

Anggito Abimanyu mengundurkan diri setelah dirinya merasa terusik harga dirinya terkait dengan penunjukan Anny Ratnawati sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Padahal beberapa waktu lampau dirinya telah diumumkan menjadi wakil menteri keuangan, meski belum dilantik karena dinilai belum mencukupi golongan kepegawaiannya. Untuk itu, Presiden menunda pelantikannya.

Namun pada 19 Mei 2010, Presiden mengumumkan paket Menteri Keuangan dan Wakil Menteri Keuangan yaitu Agus Martowardojo dan Anny Ratnawati.

Anggito menyatakan telah mengirimkan surat pengunduran dirinya, dan akan segera membicarakan penguduran dirinya dengan Menteri Keuangan yang baru Agus Martowardojo.

(T.M041/R010/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010