Jakarta (ANTARA News) - Pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat diselenggarakan melalui mekanisme voting manual secara tertutup di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu.

Pemilihan dilaksanakan dalam rapat pleno yang dipimpin anggota panitia pengarah kongres EE Mangindaan dan diikuti peserta kongres dari 497 dewan pimpinan cabang (DPC), 33 dewan pimpinan daerah (DPD), serta dewan pimpinan pusat (DPP) yang seluruhnya memiliki 531 suara.

Pada pengundian nomor urut kandidat, yakni Anas Urbaningrum mendapat nomor urut satu, Andi Mallarangeng nomor urut dua, serta Marzuki Alie nomor urut tiga.

Setelah pengumuman undian nomor urut bacakan tata cara pemilihan dan kemudian pemilihan pun dimulai, yakni dengan cara memanggil satu persatu peserta kongres yang memiliki hak suara berdasarkan asalnya baik dari DPC, DPD, maupun DPP.

Menurut Mangindaan, pada pemilihan ketua umum ini menggunakan mekanisme voting secara manual, sedangkan pemilihan melalui sistem elektronik "e-voting" hanya diperkenalkan.

Di sela panitia yang memanggil peserta untuk memberikan hak suaranya, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, memberikan arahan untuk mengingatkan peserta.

Dalam arahan tersebut, Yudhoyono meminta agar pemilihan berlangsung secara demokratis, tidak terjadi perpecahan, dan seluruh kader harus bisa menerima hasil pemilihan.

(T.R024/S026)


Pewarta: mansy
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010