Jakarta (ANTARA News) - Kandidat ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan Marzuki Alie maju ke putaran kedua pemilihan setelah menyingkirkan Andi Mallarangeng pada pemilihan putaran pertama di arena Kongres II Partai Demokrat, Minggu.

Pada pemungutan suara melalui voting yang berlangsung di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Anas Urbaningrum menempati posisi teratas dengan perolehan suara mencapai 236 suara (45 persen).

Marzuki Alie memperolah 209 suara (40 persen) serta Andi Mallarangeng di tempat terakhir meraih 82 suara (15 persen) dari 531 suara peserta kongres II Partai Demokrat. Sedangkan dua suara lainnya dinyatakan tidak sah.

Sesuai aturan pada tata tertib kongres, jika perolehan suara tidak ada yang melampaui 50 persen maka dilakukan putaran kedua dengan menampilkan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua.

Dengan demikian Anas dan Marzuki akan kembali bertarung di putaran kedua sementara Andi Mallarangeng yang sebelumnya gencar melakukan sosialisasi dan publikasi, praktis tersingkir.

Pimpinan sidang EE Mangindaan menskors sementara selama satu jam untuk memberikan kesempatan pada peserta kongres melakukan istirahat sekaligus lobi.

(T.R024/A041/S026)

Pewarta: ferly
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010