Bandung (ANTARA News) - Andi Mallarangeng mengakui dirinya kurang intensif mendekati pengurus cabang dan pimpinan daerah sehingga perolehan suaranya dalam pemilihan putaran pertama ketua umum Partai Demokrat, Minggu, kecil.

Kepada pers seusai pemungutan suara, di sebuah ruang pertemuan di Padalarang, Bandung, Minggu, Andi mengatakan dirinya lama menjadi juru bicara presiden sehingga tidak cukup waktu mendekati pengurus daerah.

Dia menyatakan calon lain, seperti Marzuki Alie yang lima tahun menjadi sekjen PD dan Anas Urbaningrum yang menjadi pengurus partai memiliki waktu yang cukup mendatangi daerah.

Andi yang kini menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga mengucapkan selamat kepada siapa pun yang terpilih nanti. Dia juga memberi apresiasi kepada peserta kongres yang sudah menunjukkan kepada masyarakat bagaimana demokrasi berproses di tubuh partai pemenang Pemilu 2009 itu.

Ketika ditanya kemana dukungan akan diberikan pada putaran kedua nanti, Andi mengatakan dirinya akan berdialog dulu dengan pengurus DPC dan DPD pendukungnya.

Pemilihan ketua umum Kongres PD II menghasilkan 236 suara (45 persen) untuk Anas Urbaningrum, 82 suara (16 persen) untuk Andi Malarengeng dan 209 suara (40 persen) untuk Marzuki Alie. Sejumlah 2 suara tak sah.

Karena tak ada yang menang 50 persen maka akan diadakan pemilihan untuk putaran kedua yang diikuti oleh Anas dan Marzuki.

(T.E007/A011/S026)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010