Le Mans, Prancis (ANTARA News) - Pembalap Spanyol Jorge Lorenzo, dengan motor Yamaha, menjuarai Grand Prix Prnis, balapan ketiga musim ini, di Le Mans, Minggu, guna memperkokoh keunggulannya di kejuaraan MotoGP.

AFP melaporkan, rekan satu tim Lorenzo, juara dunia Valentino Rossi, menempati posisi kedua, sementara pembalap tim Honda, Adrea Divizioso, berda di posisi ktiga di sirkuit bersejarah Bugatti.

Lorenzo, yang start dari barisan kedua, menyelesaikan balapan trsebut dengan waktu 44 menit 29, 114 detik, unuk mengungguli Rossi, yang mencapai finis lebih lambat hampir enam detik.

Kemenangan Lorenzo tersebut menambah sampai 70 poin, dengan Rossi, yang menjadi juara di balapan pembukaan di Qatar, kini terpaut sembilan poin.

Rossi ikut merayakan kemenangan tim kesayangannya, Inter Milan, atas Bayern pada pertndngan final Liga Champions Sabtu malam.

Pembalap asal Italia itu start balapan di bawah sinar terik matahari dan di tikunag pertama ia mengunggui Dani Pedrosa dan Lorenzo.

Lorenzo segera menduduki posisi kedua dan kemuian menyalip Rossi. Di blakang pasangan ini di putaran kedua Casey Stoner tergelincir di Tikungan 6, dan pembalap Australia itu untuk kedua kalinya tahun ini gagal menyelesaikan balapan.

Lorenzo unggul di putaran tujuh, akan tetapi Rossi kembali mengambil kendali. Namun pembalap Italia itu tidak mampu mengulangi aksinya ketika Lorenzo kembali menyalipnya di putaran ke-10.

Ia tidak pernah tersusul lagi, dan akhirnya sampai di garis finis 5,672 detik lebih awal dari Rossi, dengan Dovizioso terpaksa berada di urtan ketiga di putaran terakhir.

Sebelumnya, pembalap Spanyol Toni Elias, yang mengendari Moriwaki, menjuarai balapan Moto2, mengungguli rekan senegaranya Julian Simon (Suter), sementra pembalap Italia Simone Corsi (Motobi) brada di posisi ketga.

Pol Espargaro melengkapi hari baik bagi Spanyol ketika ia mengendarai Derbi, juara di nomor 125cc, dengan mengalahkan rekan senegaranya Nicolas Terol (Aprilia) dan Marc Marquez (Derbi).(S005/B002)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010