Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan bahwa penjabat Kepala Badan Kebijakan Fiskal yang baru untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Anggito Abimanyu, akan ditentukan dalam sebulan mendatang.

"Ada kriteria tertentu karena posisinya sangat strategis, kita masih perlu diskusi dan ditentukan satu bulan," kata Agus saat ditemui di Jakarta, Senin.

Jabatan itu sekarang masih diisi oleh pejabat pelaksana tugas dan belum ada nama-nama yang diajukan karena masih didiskusikan dengan Sekjen Kementerian Keuangan Mulia P Nasution.

"Belum, masih diskusi dengan pak Mulia. Nanti kita bikin sistemnya, ada yang namanya Pelaksana Tugas (Plt), jadi nanti posisinya ada yang mimpin itu," ujarnya.

Menurut dia, untuk mencari pengganti Anggito Abimanyu masih dibutuhkan waktu dan diperlukan seseorang dengan kemampuan serta kualifikasi khusus karena institusi Badan Kebijakan Fiskal merupakan posisi yang strategis.

"Itu kan Badan Kebijakan Fiskal. Disitu posisinya strategis. Membutuhkan orang dengan kebijakan strategis, orang mengerti hubungan dengan parlemen, dia pasti ada kualifikasi khusus. Perlu waktu untuk nyari itu," ujarnya.

Anggito Abimanyu hari ini resmi mengundurkan diri dari jabatan kepala BKF setelah dirinya kecewa karena batal menduduki posisi wakil menteri keuangan.

"Jangan salah, saya tidak mencari jabatan, saya mundur karena soal pertaruhan harga diri profesional yang terusik dan saya tidak bermaksud mencari jabatan di tempat lain," katanya.

Pemerintah sudah mengumumkan bahwa Anggito ditunjuk sebagai wakil menteri keuangan, namun belum bisa dilantik karena persyaratan kepangkatan. Belakangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Anny Ratnawati untuk menduduki jabatan itu.

(ANT/S026)


Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010