Jakarta, 25/5 (ANTARA) - 27 Mei 2010, dua profesor riset Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kehutanan yaitu Prof.Ris. Gustan Pari dan Prof.Ris Pratiwi, akan dikukuhkan di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Pengukuhan Profesor Riset ini, akan menjadi momentum besar dalam meningkatkan apresiasi kita terhadap IPTEK. Dalam pengukuhan tersebut, Prof.Ris Gustan Pari akan menyampaikan orasi yang berjudul "Peran Dan Masa Depan Arang yang Prospektif Untuk Indonesia". Sedangkan Prof.Ris. Pratiwi akan berorasi "Kontribusi Hutan Untuk Kelestarian Lingkungan Dan Kesejahteraan Masyarakat".

     Profesor Riset adalah sebuah pencapaian puncak karir fungsional seorang peneliti, yang terpilih dari sebuah populasi ilmiah yang besar. Ibaratnya Profesor Riset adalah seorang "Pujangga", yang pada masa jaman raja-raja, "Pujangga" memberikan pertimbangan yang bijak yang dijadikan landasan oleh raja dalam mengeluarkan suatu kebijakan. Sehingga dengan pengukuhan profesor riset litbang kehutanan ini diharapkan akan terlahir suatu karya ilmiah yang menjadi landasan kebijakan pimpinan Kementrian Kehutanan, sehingga kebijakan tersebut selalu berdasarkan hasil riset yang akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah juga.

     Pengukuhan profesor riset menunjukkan para peneliti dapat menyumbangkan karyanya bagi pembangunan kehutanan agar ke depan kebijakan-kebijakan bidang kehutanan benar-benar semakin baik, dalam arti dapat diterima dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Selain itu juga dapat meningkatkan kredibilitas dan produktifitas Badan Litbang Kehutanan, dan kredibilitas hasil penelitiannya.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Kementerian Kehutanan

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010