Jakarta (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan Pemilihan Duta Mahasiswa Tingkat Nasional 2010 yang diikuti 33 pasangan se-Indonesia dan berlangsung di Jakarta mulai 25-27 Mei 2010.

Kepala BKKBN Sugiri Syarief saat membuka acara itu di Jakarta, Selasa sore, mengatakan, acara pemilihan duta mahasiswa merupakan pertamakalinya yang bertujuan meningkatkan promosi Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga di kalangan mahasiswa (PKBM).

PKBM diharapkan mampu mewujudkan generasi berencana (Genre) program KB yang berisikan menunda usia pernikahan, berperilaku sehat, terhindar dari risiko seksualitas, HIV/AIDS, Napza, bercita-cita mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta menjadi contoh, model, idola dan sumber informasi bagi teman sebayanya.

Dalam rangka mewujudkan Genre mahasiswa, kata Sugiri, BKKBN membentuk Pusat Informasi dan Konseling (PIK) mahasiswa, yang pada 2009 telah dibentuk di 7 perguruan tinggi. Pada 2010, pengembangan PIK mahasiswa di perguruan tinggi akan diperluas di seluruh Indonesia.

"PIK mahasiswa akan dikembangkan sebagai center of excellence yang memiliki tiga peran yaitu sebagai tempat magang, studi banding, rujukan, sebagai wadah penelitian prgram KB, dan sebagai wadah pengembangan kegiatan melalui PKL/KKN," katanya.

Oleh karena itu, kata Sugiri, melalui ajang Pemilihan Duta Mahasiswa, dapat disosialisasikan program PKBM dan PIK mahsiswa di kampus dapat lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk mahasiswa sehingga menjadi ramah mahasiswa.

Sementara itu, salah satu pasangan peserta pemilihan duta mahasiswa dari Jatim, Helmi Kuniawan dan Albertin Danis NKP, mengatakan, pihaknya antusias mengikuti lomba dan bertekad aktif mensosialisasikan program Genre KB yang bertujuan mewujudkan generasi muda yang berkualitas, terhindar dari penularan HIV/AIDS dan Narkoba.

Peserta lomba adalah juara I Lomba Duta Mahasiswa tingkat provinsi putra dan putri dengan disyaratkan peserta menuliskan paper minimal 7 halaman dengan salah satu topik bahasan yaitu peranan mahasiswa sebagai duta program kependududkan dan KB, atau masalah-masalah mahasiswa dalam bidang kesehatan reproduksi dan upaya pemecahannya.

Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doly Kurnia dalam sambutannya mengatakan, jajaran KPNPI mendukung program pemilihan duta mahasiswa dalam rangka meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia menghadapai era perdagangan bebas.(*)
(Ant/R009)

Pewarta: handr
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010