Bandung (ANTARA News) - Tim Persiba Balikpapan mengalahkan tuan rumah Persib Bandung 2-1 (1-0) pada pertandingan tanpa penonton di Kompetisi LSI 2009-2010 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Rabu.

Persiba unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak striker muda Sultan Samma menit ke-18 babak pertama dan Hendro Siswanto menit ke-62.

Sedangkan gol Persib buah bunuh diri pemain belakang Persiba, Edy Gunawan menit ke-48. Pemain bernomor punggung 16 itu gagal menghalau bola, tandukannya malah masuk ke gawang sendiri.

Dengan kemenangan tersebut, Persiba Balikpapan sementara naik ke peringkat ketiga menyalip Persib dengan nilai 53. Sedangkan Persib tertahan di peringkat empat dengan nilai 50.

Pertandingan tersebut sebenarnya merupakan duel menentukan untuk memastikan diri meraih peringkat ketiga. Sebelumnya Persib dan Persiba sama-sama mengumpulkan nilai 50, namun Persib unggul selisih gol.

Pada duel yang dipimpin wasit Jimmy Napitupulu dari Jakarta, tim Persib kehilangan tajinya berlaga di kandang sehingga harus menerima kekalahan pertamanya di musim kompetisi tahun ini.

Ironisnya, kekalahan tersebut diraih di akhir musim, dimana tim "Maung Bandung" itu sangat membutuhkan kemenangan untuk meraih peringkat ketiga.

Persiba yang dimotori striker Julio Lopes dan bek Mijo Dadic tampil menggebrak di babak pertama dengan variasi serangan dari sektor terngah maupun sayap.

Tim asuhan pelatih Haryadi tersebut bari bisa membobol gawang Persib menit ke-18 setelah melalui Sultan Sama memanfaatkan umpan Julio Lopes.

Sebaliknya, tuan rumah Persib memperoleh dua peluang emas melalui tembakan bebas Eka Ramdani yang membentur gawang dan tembakan Airlangga yang melambung pada saat sudah berhadapan dengan kiper Persiba, I Made Wirawan.

Memasuki babak kedua, Persib menggebrak. Buahnya tercipta gol bunuh diri oleh bek Edy Gunawan yang salah mengarahkan tandukan saat mengamankan tembakan sudut Atep.

Namun semangat bertanding tim Balikpapan itu tak bergeming, Julio Lopes memiliki kontribusi besar bagi gol kemenangan Persiba. Umpan lambungnya diselesaikan dengan aksi cantik Hendro Siswanto yang membobol gawang Markus Horison sehingga merubah kedudukan menjadi 1-2 untuk Persiba.

Sementara itu masuknya striker Budi "Budigol" Sudarsono menit ke-56, tak banyak membantu serangan Persib yang lebih banyak mendapat tekanan dari Julio Lopes dkk. Hingga pluit panjang dibunyikan kedudukan tetap !-2 untuk kemenangan Persiba.

Wasit Jimmy Napitupulu mengeluarkan tiga kartu kuning pada pertandingan itu yakni untuk Anam Syahrul, M Sobran dan Sultan Samma.

Sementara itu ketidak hadiran penonton pada pertandingan itu membantu petugas keamanan dalam mengamankan pertandingan itu. Reaksi pascakekalahan Persib tentu akan lain bila ribuan bobotoh menonton langsung pertandingan itu di Stadion Siliwangi.

Susunan pemain Persib: Markus Horison (kiper), Maman Abdurahman, Atep, Eka Ramdani, Airlangga/ Budi Sudarsono, Gilang Angga, Christian Rene, Hariono, CucuA Hidayat/ Wildansyah,, Nova Aryanto, Christian Gonzales.

Persiba: IA Made Wirawan (kiper), Anam Syahrul/ Aang Suparman, Mijo Dadic, Muhammadan, M Sobran, Kim Yong Hee, Robertino, Edy Gunawan, Hendro Siswanto, Julio Lopes, Sultan Samma/ Ferry Ariawan.(Ant/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010