Palu (ANTARA News) - Kampanye Hari Keluarga Nasional (Harganas) XVII di Kota Palu, Rabu, secara tidak langsung akan lebih memperkenalkan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini ke penjuru Tanah Air.

"Kota Palu akan lebih terkenal karena menjadi kota pertama `road show` Kampanye Semarak Gotong Royong Keluaga Berencana - PKK tingkat nasional memperingati Hargans XVII dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat VII 2010," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief saat memberikan sambutan tertulisnya, Rabu.

Menurut dia, seluruh konsep gotong royong di Kelurahan Layana Indah, Kota Palu, akan bisa ditiru oleh daerah lainnya di Indonesia.

"Semua mata akan tertuju di Palu karena menjadi pionir pelaksanaan konsep gotong royong Keluarga Berencana," ujar Sugiri.

Sebagai daerah pertama, Kelurahan Layana Indah akan melakukan berbagai program pengembangan desa terpadu dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan seperti pembangunan sarana air bersih, perbaikan sarana kantor dan fasilitas desa, perbaikan jalan, hingga bedah rumah.

Selain itu, terdapat pula program pembinaan kelembagaan desa, pemberdayaan ekonomi keluarga, serta berbagai kegiatan gotong royong.

"Semua itu akan berlangsung hingga puncak peringatan Harganas XVII di Palu yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 20 Juli 2010," kata Sugiri.

Menurut dia, kehadiran presiden akan lebih mempromosikan Kota Palu dan Sulawesi Tengah ke seluruh Indonesia.

"Yang jelas tempat peringatan Harganas XVII di Kota Palu akan menjadi kebanggaan seluruh masyakat Sulawesi Tengah," katanya.

Sementara Gubernur Sulawesi Tengah HB Paliudju berharap masyarakat turut serta mensukseskan puncak peringatan Harganas XVII. "Kesuksesan acara ini akan lebih mempromosikan Kota Palu dan Sulawesi Tengah sebagai daerah yang aman dan layak dikunjungi," kata Paliudju.(*)

(T.R026/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010