Bekasi (ANTARA News) - Pengurus Vihara Dharma Jaya di Jalan Kalong, Kelurahan Bojong Rawa Lumbu, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, sibuk membenahi tempat ibadah jelang perayaan hari raya Waisak 2554, Kamis malam.

"Hingga pukul 21.00 WIB kami masih melakukan kegiatan bersih-bersih, menghias altar dengan aneka bunga," kata Pengurus vihara Dharma Jaya, Biksu Mardy, kepada Antara, di Bekasi.

Menurutnya, kegiatan puncak perayaan hari Waisak yang jatuh pada Jumat (28/5) akan ditandai dengan prosesi pemandian patung Budha Rupang yang akan diikuti oleh sekitar 150 umat Budha di wilayah setempat.

Perayaan Waisak 2554, kata dia, diawali dengan kebaktian yang akan digelar mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. "Seperti perayaan Waisak pada tahun sebelumnya, umat akan datang secara bergantian karena kapasitas vihara sangat terbatas," katanya.

Menurutnya, Vihara yang berdiri di atas lahan seluas 300 meter per segi hanya memiliki kapasitas tampung maksimal sebanyak 50 umat. Sehingga kegiatan ibadah harus dilakukan secara bergantian.

"Selanjutnya, prosesi perayaan Waisak akan dilanjutkan dengan melakukan sembahyang, mengelilingi vihara, saling berbagi bunga dan prosesi memandikan patung Budha di depan vihara," katanya.

Menurutnya, perayaan Waisak mengandung tiga ajaran penting. Ajaran itu bersumber pada perjalanan hidup Sidharta Gautama dari lahir, mencapai puncak pencerahan hingga wafat. "Semuanya mengacu pada ajaran darma dan harmoni kehidupan manusia dengan alam," ujarnya.(Ant/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010