Sleman (ANTARA News) - Ratusan umat Buddha dari Buddha Dharma Indonesia, Sabtu mengikuti bakti sosial dengan menanam 1.000 bibit pohon dan membersihkan sungai di kawasan wisata Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan Hari Balas Budi menyambut Hari Raya Waisak 2010," kata Humas Peringatan Waisak 2010 Danang Soerjono.

Menurut dia, selain menanam 1.000 bibit pohon buah dan tanaman hias dalam bakti sosial ini juga dilakukan pengecatan balai desa Kaliurang dan SD Negeri Kaliurang.

"Ada 1.000 bibit buah jambu mete dan jambu biji serta tanaman hias bunga puring yang kami tanam, kami mengharapkan apa yang kami lakukan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sekitar 800 umat Buddha Dharma Indonesia (BDI) yang datang dari 23 provinsi di Indonesia bekerjasama dengan "Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK).

GPSK adalah organisasi nonprofit yang pendiriannya diprakarsai Ketua Umum BDI Ibu Pandita Utama Aiko Senosoenoto bersama tokoh lainnya seperti Sarwono Kusumaatmaja yang memfokuskan programnya pada kepedulian terhadap lingkungan, pendidikan, pembangunan masyarakat pedesaan dan penanganan bencana alam, katanya.

Yayasan Pandita Sabha Buddha Darma Indonesia yang sering disebut BDI adalah wadah pembinaan umat Buddha Nichiren Syosyu di Indonesia.
(V001/A024)

Pewarta: bwahy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010